Berak Putih Pada Ikan Cupang dan Pengobatanya

Berak Putih Pada Ikan Cupang, penjualcupang.com | Salah satu jenis penyakit yang sering menyerang ikan cupang adalah berak putih.

 

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang

 

Penyakit ini bisa mengakibatkan ekor dan sirip ikan cupang kuncup, akan tetapi sejauh pengalaman admin dan para pecinta ikan cupang di luar sana, penyakit ini levelnya masih di bawah sisik nanas.

 

Meskipun keduanya menyerang bagian dalam ikan cupang, akan tetapi keduanya adalah penyakit yang berbeda. Selain itu penyakit berak putih pada ikan cupang ini persentase kesembuhanya jauh lebih banyak ketimbang sisik nanas.

 

Berak Putih Pada Ikan Cupang dan Cara Menyembuhkanya

 

Gambar Berak Putih Pada Ikan Cupang

 

Admin sering mengulang ini berkali-kali dalam tulisan yang ada di website ini, yakni faktor sehat dan sakitnya ikan cupang tergantung dari pakan dan air.

 

Nah pada kasus penyakit berak putih ini sebenernya tidak hanya menyerang ikan cupang saja, bahkan bisa menyerang pada semua jenis ikan hias.

 

Penyakit ini muncul dikarenakan internal bakteri akibat dari kondisi air yang kotor. Untuk ikan cupang yang dirawat di akuarium untuk satu ikan, bisa dibilang tidak ada penularan ke ikan cupang yang lain.

 

Akan tetapi untuk ikan yang hidup bergerombol, banyak yang percaya penyakit ini bisa menular, tentunya jika demikian bisa menyerang ikan cupang yang dalam kolam.

 

Gejala yang bisa kita kenali ketika ikan cupang kesayangan kita terserang penyakit ini adalah adanya kotoran yang memanjang, kadang2 seperti menggumpal dan berwarna putih pada anus ikan.

 

Ikan cupang jadi kurang aktif bergerak, nafsu makan berkurang bahkan terkadang ikan cupang tidak mau makan sama sekali, sirip ikan cupang menguncup dan warna ikan cupang memucat.

 

Cara Meyembuhkan Penyakit Berak Putih

 

  • Isolasi atau karantina ikan cupang yang sakit :  jika ikan cupang hidup masih dalam satu kolam, maka segeralah untuk memisahkan dari yang lain

 

  • Ganti air full : Jika ikan cupang dipelihara di soliter, maka segera lakukan pembersihan dan ganti total air.

 

  • Beri obat Acryflavine : Untuk pengobatan gunakan 1 – 2 tutup botol untuk 50 -100 liter air

 

 

  • Garam aquarium : Jangan lupa juga untuk memberi garam ikan.

 

Setelah semua langkah di atas sudah kita lakuakan, maka sabar dan berdoalah hingga tiga hari ke depan. Setelah 3 hari ganti air full.

 

Lihat perkembangan ikan cupang kalian, bila masih belum ada tanda-tanda membaik, ulangi lagi pengobatan seperti yang sudah kalian lakukan.

Ahmad NH

Artikel Terkait

One Response to “Berak Putih Pada Ikan Cupang dan Pengobatanya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *