Berapa Kali Memberi Makan Ikan Cupang? Inilah Jawabanya

Berapa Kali Memberi Makan Ikan Cupang, penjualcupang.com | Salah satu cara merawat ikan cupang yang baik dan benar, agar bisa hidup lebih lama ( berusaha ) selain memperhatikan kondisi air adalah pemberian pakan.

 

Berapa Kali Memberi Makan Ikan Cupang

 

Juga pola pemberian pakan pada ikan cupang juga tidak boleh sembarangan, waktu pemberianya juga sebaiknya nggak asal-asalan.

 

Selain itu porsi atau jumlah pemberian juga diperkirakan tidak kurang juga tidak berlebih. Ikan cupang kecil dan ikan cupang dewasa juga berbeda dalam pemberian pakanya.

 

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengupas pertanyaan berapa kali memberi makan ikan cupang untuk ikan cupang dewasa yang umum dipelihara sebagai hiasan agar hidup lebih lama ( hidup TUHAN yang kendali ).

 

Selain cupang dewasa untuk hiasan, pembahasan kali ini juga merambah pada pemberian pakan ikan cupang kecil atau disebut dengan burayak ikan cupang.

 

Tak hanya itu, pemberian pakan untuk ikan cupang kontes yang bener juga akan saya paparkan dalam pembahasan ini.

 

Sedangkan untuk betta lovers yang berkeinginan mengawinkan ikan cupang serta ingin memaksimalkan telur ikan cupang betina, bisa baca judul berikut : Makanan Cupang Betina Agar Cepat Bertelur dan Perawatanya #Rahasia Hanya Untukmu#

 

Berapa Kali Memberi Makan Ikan Cupang? Inilah Jawabanya

 

Seperti disinggung di atas, kita akan mengetahui pemberian pakan untuk ikan cupang hias yang umum untuk hiasan, ikan cupang kecil untuk para temen-temen yang lagi mengawinkan ikan cupang dan ikan cupang dewasa kontes.

 

  • 1, Berapa Kali Memberi Makan Ikan Cupang Hias?

 

Gambar Berapa Kali Memberi Makan Ikan Cupang

 

1 kali dalam sehari, 2 kali atau 3 kali dalam sehari?

 

Meskipun tidak banyak yang melakukan ada juga betta lovers yang membari makan ikan cupang 3 kali dalam sehari, yakni pagi, siang dan sore hari.

 

Alasan kenapa pemberian pakan 3 kali dalam sehari ini tidak banyak dilakukan oleh pecinta ikan cupang, karena ikan cupang akan mudah bosan, terlebih jika makanan yang diberikan itu-itu saja.

 

Jikapun tidak bosan, ikan cupang akan kegemukan dan ini nggak baik untuk kesehatan ikan cupang itu sendiri yang akhirnya mudah terserang penyakit.

 

Pemberian pakan 2 kali dalam sehari, yakni pagi dan sore hari merupakan pemberian yang dianjurkan oleh banyak peternak maupun para pemelihara ikan cupang kawakan.

 

Dalam pemberian pakan 2 kali ini waktu pemberian juga sebaiknya disesuaikan dengan jadwal ( tepat waktu ). Selain itu pemberian pakan juga jangan berlabihan.

 

Misalkan ada makanan yang tidak termakan sebaiknya dibersihkan, agar tidak menjadi racun. Selain itu, jika pemberian pakan hidup maka bersihkan hingga bener2 bersih sebelum diberikan pada ikan cupang.

 

Pemberian pakan 1 kali dalam sehari, meskipun banyak yang menganjurkan banyak pecinta ikan cupang yang kadang tidak menyukainya, karena dikawatirkan ikan masih lapar.

 

Jadi kesimpulanya dan yang admin praktekan adalah memberi makan ikan cupang 2 kali dalam sehari, yakni pagi dan sore hari.

 

  • 2, Berapa Kali Memberi Makan Ikan Cupang Kecil atau Burayak Ikan Cupang?

 

Ikan Cupang Anakan

 

Berbicara burayak ikan cupang, tentunya kita ingin sekali melihatnya banyak yang hidup dan tumbuh dewasa dengan cepat.

 


Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Cepat Besar


 

Untuk itu mengetahui pola pemberian pakan mulai dari umur 4 hari hingga dewasa sangat penting. Seperti kita ketahui, kalau burayak ikan cupang baru membutuhkan pakan dari luar setalah mereka menginjak umur 4 hari lebih.

 

Banyak sekali jenis pakan burayak ikan cupang, mulai dari yang ada di rumah kita seperti kuning telur hingga yang sulit dicarai seperti kutu air, bahkan yang harganya mahal dan butuh proses sebelum bisa diberikan pada burayak, seperti misalnya artemia.

 

Meski banyak, kita akan fokus untuk satu satu tujuan, yakni cepat besar. Pemberian pakan pada burayak ini tidaklah mudah, karena 3 alasan tadi.

 

1, Kuning telur, salah dalam pemberian burayak akan mati. Faktor ini biasanya diabaikan oleh pemula.

 

2, Kutu air, merupakan pakan yang paling disukai baik oleh burayak ikan cupang maupun petani ikan cupang, hanya saja sangat sulit untuk menemukan kutu air di alam, terlebih daerah-daerah yang memang tidak ada kutu air.

 

Pada saat ini kita tidak perlu harus keluar rumah pergi untuk mencari kutu air, karena banyak sekali cara-cara untuk budidaya kutu air, salah satunya seperti vidio di bawah ini.

 

 

3. Artemia, juga merupakan salah satu jenis pakan burayak yang disukai, akan tetapi tidak semua pemula menyukai pakan ini, alasanya selain mahal juga membutuhkan alat-alat yang harus dibeli lagi.

 

Selain itu, beberapa jenis merek artemia ini terkadang kurang maksimal menetasnya, yang menjadikan burayak menunda untuk makan.

 

Ketiga pakan yang disebutkan diatas, merupakan contoh yang paling banyak digunakan oleh petani ikan cupang, baik pemula maupun petani kawakan.

 

Untuk burayak ikan cupang agar tidah mudah mati dan cepat besar musti selalu diberi pakan, baik pagi, siang maupun malam. Dan dari 3 contoh jenis pakan di atas yang paling tepat adalah kutu air.

 

  • Berapa Kali Memberi Makan Ikan Cupang Kontes?

 

Ikan Cupang Kontes

 

Pemberian pakan ikan cupang untuk kontes jauh lebih hati-hati, pasalanya dari pakan ini salah dalam pemberian bisa mengakibatkan ikan cupang sakit.

 

Obesitas juga harus dijaga, jangan sampai badan gemuk yang akhirnya antara keserasian dorsal atas maupun bawah serta ekornya tidak seimbang.

 

Pemberian pakan untuk ikan cupang kontes ini umumnya hanya 2 kali dalam sehari dan yang sangat penting untuk memperhatikan jumlah yang diberikan.

 

Silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar jika dari pembahasan ini kurang dipahami. majalahikan.com

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *