Burayak Cupang Berada di Dasar, Cara Mengatasinya Ternyata Sangat Mudah

Burayak Cupang Berada di Dasar, penjualcupang.com | Kenapa burayak ikan cupang jatuh ke dasar? Mereka lama tidak bergerak, apakah mereka hidup? Apa yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan mereka?

 

Untuk kalian yang panik ketika melihat burayak cupang berada di dasar, tulisan ini pas banget buat kalian. Karena memang penulis menulis ini tulisan buat kalian semua.

 

Kenapa Burayak Cupang Berada di Dasar?

 

Burayak Cupang Berada di Dasar

By majalahikan.com

 

Karena masih lemah, itulah jawabnya…

 

Pada umumnya burayak ikan cupang yang tergeletak di dasar umurnya masih hitungan jari yang paling sering penulis lihat adalah pas usia mereka 2 hari.

 

Jadi kejadian semacam ini adalah hal yang wajar, karena memang mereka masih lemah.

 

Kok lama tidak gerak? Apakah mereka mati?

 

Jika umur mereka masih 2 hari setelah menetas dengan pengalaman penulis mengawinkan ikan cupang, penulis menjawab mereka tidak mati.

 

Akan tetapi jika umur burayak sudah 4 hari atau lebih kok masih tergeletak di dasar, itu artinya tidak wajar dan yang penulis tau biasanya mereka sudah mati.

 

Lalu apa yang musti dilakukan ketika kita melihat burayak cupang berada di dasar?

 

Tergantung tempat pemijahan dan sang jantan!!!!

 

Jika ikan cupang jantan kalian biarkan untuk merawat mereka, maka tidak ada yang musti kita lakukan. Karena tugas sang jantanlah untuk merawat mereka.

 

Jadi biarkan saja sang ayah untuk melakukan kuwajibanya, yakni merawat mereka. Jika kalian nggak percaya dengan apa yang penulis sampaikan ini, coba biarkan saja dan lihat ke-esokan harinya pasti burayak sudah kembali ke permukaan.

 

Kecuali jika kalian mengambil ikan cupang jantan setelah kawin selesai dan membiarkan burayak menetas dengan sendirinya tanpa ada penjagaan dari sang jantan.

 

Maka langkah yang musti kalian lakukan untuk menyelamatkan burayak yang jatuh ke dasar tersebut dengan mengurangi ketinggian airnya.

 

Kenapa musti kita kurangi ketinggian airnya?

 

Jawabanya adalah karena supaya mereka tidak terlalu kesulitan untuk bangkit menuju ke permukaan. Jika tidak dikurangi airnya meskipun mereka bisa ke permukaan, akan tetapi terkadang banyak yang tidak bisa bangkit secara mandiri dan akhirnya mati.

 

Kenapa burayak yang tidak bisa ke permukaan mati?

 

Itu karena organ dalam mereka, terutama bagian pernafasan belum sempurna, makanya mereka membutuhkan udara atau oksigen dari luar air secepatnya.

 

Itulah alasan kenapa burayak cupang jatuh di dasar dan solusi untuk membantu mereka agar tetap selamat.

 

Lalu bagaimana cara mengurangi ketinggian airanya?

 

Yang perlu kalian lakukan hanya sabar, karena ketika kita mengurangi ketinggian air dengan selang, banyak kemungkinan banyak juga burayak yang ikut tersedot karena mereka masih sangat lemah. Untuk itu, kalian bisa menggunakan pipet sedikit-demi sedikit atau menggunakan sedotan.

 

Penulis rasa tulisan sekilas ini bisa dipahami oleh temen-temen semuanya.

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *