Cara Ikan Cupang Bertelur Itu Seperti Ini

Cara Ikan Cupang Bertelur, penjualcupang.com | Bagi pemula sangat penasaran tentunya meihata ikan cupang bertelur ketika mengawinkan ikan cupang pertama kali dan rasa penasaran ini adalah salah satu yang menjadikan kegagalan ternak ikan cupang untuk partama kalinya.

 

Bukankah penasaran itu bagus, kok malah jadi penyebab gagalnya budidaya ikan cupang sih?

 

 

Iya, karena cara ikan cupang bertelur ini seharusnya nggak boleh kamu lihatin, karena dengan melihat mereka kawin akan mengganggu mereka.

 

Akan tetapi admin sangat senang kamu menemukan tulisan ini, itu karena kamu orang penasaran yang pandai. Jadi nggak harus melihat secara langsung ikan cupang yang kamu kawinkan, malainkan cukup melihatnya di blog ini dan youtube.

 

Dengan begitu, tentunya meski kamu baru pertama kali mengawinkan ikan cupang bisa langsung berhasil. Dan di bawah ini penjelasan lengkap dengan gambarnya ikan cupang kawin sekaligus bertelur.

 

Cara Ikan Cupang Bertelur

 

Kamu tau donk hewan-hewan yang cara berkembang biaknya dengan bertelur seperti ayam misalnya, jika kamu amati, mereka kawin hari ini dan besok atau besoknya lagi baru bertelur bukan?

 

Beda dengan ikan cupang, ikan cupang di perut betina sudah ada telur yang banyak baru kawin dan saat mereka kawin, seketika itu juga telur keluar, nggak nunggu besok kayak ayam.

 

Pertama, sesudah ikan cupang betina perutnya penuh dengan telur, maka ikan cupang jantan akan membuat sarang gelembung atau busa.

 

Sarang gelembung ini digunakan oleh ikan cupang jantan untuk menampung telur-telur yang dikeluarkan betina. Setelah busa sudah banyak, maka ikan cupang jantan akan mengajak ikan cupang betina untuk berada di bawah sarang tersebut.

 

Cupang jantan membuat busa

 

Dan ketika semuanya sudah saling suka dan mereka pun akhirnya kawin. Perkawinan ikan cupang ini sangat unik, yakni dengan cara ikan cupang jantan menjepit tubuh ikan cupang betina dengan tubuhnya sendiri. Lihat gambar di bawah ini :

 

Cara Ikan Cupang Bertelur

 

Ketika ikan cupang jantan memeluk inilah, jantan menyemprotkan sperma untuk membuahi telur dan akhirnya telur dikeluarkan oleh ikan cupang betina.

 

Saat telur-telur ini keluar, ikan cupang betina seperti tak sadarkan diri dan terus mengeluarkan telur sedangkan sang jantan melepas pelukan lalu menangkap setiap telur yang jatuh dengan mulutnya.

 

Telur ikan cupang

 

Setelah semua telur terkumpul di mulut, lalu ikan cupang jantan memasukanya ke sarang busa dan betina kembali sadar, setelah semua telur dimasukan ke busa, maka mereka saling peluk lagi seperti yang pertama tadi.

 

Perilaku ini terjadi berkali-kali hingga semua telur yang ada di perut ikan cupang betina habis……seperti itulah cara ikan cupang bertelur. Untuk labih lanjutnya setelah perkawinan selesai, silahkan lihat tuisan yang ini : Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur

 

majalahikan.com

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.