Cara Memelihara Ikan Cupang Dalam Botol Yg Bener

Cara Memelihara Ikan Cupang Dalam Botol, penjualcupang.com | Pada dasarnya sangat tidak disarankan memelihara ikan cupang di wadah yang sempit, seperti misalnya botol selai, botol infus yang kecil dan botol-botol lain yang ukuranya kecil.

Cara Memelihara Ikan Cupang Dalam Botol

Kenapa, karena meskipun ikan cupang itu kuat dan bisa dipelihara di wadah tersebut, akan tetapi kesehatan mereka cepat terganggu dan ujung-ujungnya sakit dan akhirnya mati.

 

Tapi apa boleh buat jika kalian hanya punya botol bekas dan kecil pula untuk memelihara ikan cupang kalian, hanya saja kalian harus bener-bener memperhatikan cara memelihara ikan cupang dalam botol berikut ini agar ikan cupang kalian tidak gampang mati.

 

Cara Memelihara Ikan Cupang Dalam Botol

Cara Memelihara Ikan Cupang Dalam Botol

Bedanya botol kecil dan aquarium untuk memelihara ikan cupang adalah jumlah airnya, air dalam botol kecil tentunya lebih sedikit bila dibandingkan dengan aquarium.

 

Disinilah permasalan kenapa tidak disarankan memelihara ikan cupang dalam botol. Karena jika air sedikit maka kotoran yang dikeluarkan ikan cupang akan cepat menjadikan airnya rusak atau beracun.

 

Nah ketika air sudah beracun karena banyaknya amoniak, maka akan menganggu kesehatan ikan cupang, selain itu pergerakan ikan cupang di botoil kecil ini tentunya tidak leluasa.

 

Untuk itu penting banget kalian menerapkan tips-tips berikut ini…..

 

Persiapan Pemeliharaan

  • 1. Cuci Botol
Cara Memelihara Ikan Cupang Dalam Botol

Botol bekas yang kalian punya jangan lupa dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memelihara ikan cupang, karena jika tidak dicuci ada kemungkinan sisa atau bau dari botol bekas tersebut akan meracuni ikan cupang.

 

Cucilah tanpa menggunakan sabun dan kerigkan terlebih dahulu dengan cara di balik di bawah sinar matahari, jika bau dari sisa botol sudah netral, maka botol siap digunakan.

 

  • 2. Siapkan Air

Sebaiknya air ini jangan langsung dari air kran, karena jika kalian menggunakanya ada kandungan kaporitnya yang bisa membahayakan ikan cupang.

 

Akan tetapi enadapkan terlebih dahulu air tersebut selama 24 jam baru bisa kalian gunakan untuk memelihara ikan cupang, karena kandungan kaporintnya sudah mengendap di dasar.

 

Sedikit sobekan saja dari daun ketapang kering, karena temptnya kecil dan juga airnya sedikit.

 

Cara Pemeliharaan Ikan Cupang Dalam Botol

  • 1. Ganti Air Rutin

Seperti dijelaskan di atas, kalau air sedikit ini akan lebih cepat teracuni oleh kotoran ikan cupang itu sendiri, untuk membuat air tetap dalam kondisi bagus, setiap dua hari sekali kalian buang setangah airnya dan beri tambahan air baru.

 

Dengan begitu kandungan oksigan yang ada dalam air akan semakin banyak dan ikan cupang akan sehat. Selain pengurangan dan penambahan air, setiap seminggu sekali sebaiknya kalian bersihkan botolnya.

 

Cara Memelihara Ikan Cupang Dalam Botol

Menjemur ikan cupang yang pemeliharaanya dalam botol kecil ini musti singkat saja, dan lakukan setelah penggantian air totoal atau pas kalian membersihkan botol mingguan.

Sebaiknya ditunggu dan jangan sampai suhu air berubah menjadi hanggat, angkat atau pindahkan di tempat yang teduh sebelum suhu air hangat.

 

  • 3. Memberi Makan Secukupnya

Memberi makan ikan cupang yang kalian rawat dalam botol kecil pada dasarnya sama saja dengan memberi makan ikan cupang di rawat di aquarium.

Hanya saja jika volume airnya sedikit akan lebih cepat airnya keruh, penuh dengan racun jika ada sisa makan yang tidak termakan oleh ikan cupang.

 

Untuk itu sebaiknya perhatikan berapa butir pelet yang biasa dimakan olehnya dan lanjutkan hari-hari berikutnya dengan jumlah butiran yang sama.

 

Itulah poin penting jika kalian memaksa untuk memelihara ikan cupang dalam botol.

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.