Cara Memindahkan Burayak Ikan Cupang

Cara Memindahkan Burayak Ikan Cupang, penjualcupang.com | Tujuan dari pemindahan burayak ikan cupang adalah agar burayak tersebut bisa tumbuh dengan baik. Pada dasarnya tanpa dipindahkan juga nggak masalah, asalkan wadah pemijahan sudah agak lebar.

 

 
 

Hanya saja pada usia tertentu tetep saja burayak musti dipindahkan, karena kalau tidak dipindahkan akan mempengaruhi kesehatan serta tumbuh kembang burayak ikan cupang.

 

Akan tetapi banyak diantara kita yang tidak tau dengan baik cara memindahkanya, bahkan malah sering terjadi banyak yang mati setelah burayak dipindahkan dari wadah pemijahan.

 

Lalu bagaimana cara memindahkan burayak ikan cupang agar aman?

 

Yuk ikuti langkah-Langkah berikut ini :

 

Cara Memindahkan Burayak Ikan Cupang Agar Aman

 

  • Siapkan Wadah Pembesaran

 

Wadah pembesaran ini opsional atau bisa apa saja, bisa kolam tembok bahkan bisa dengan bak hitam misalnya yang memiliki tinggi 23 cm, diameter atas 58 cm, diameter bawah 40 cm. Atau yang banyak digunakan peternak ikan cupang tahun-tahun ini yakni kulkas bekas.

 

Cara Memindahkan Burayak Ikan Cupang

By https://www.tokopedia.com/segalaprodukrt/ember-bak-hitam-anti-pecah-diameter-60-cm

 

  • Siapkan Air

 

Air ini sangat penting untuk diperhatikan, jangan memberi air baru. Maksudnya sebelum bak di isi dengan air, air ini musti diendapkan terlebih dahulu minimal 1×24 jam.

 

 

Selain itu ketinggian air juga sangat mempengaruhi kehidupan burayak ikan cupang, jika terlalu tinggi burayak bisa banyak yang mati, sebaiknya untuk ketinggian air ini 2-3 cm saja atau maksimal 5 cm.

 

Nanti kalau sudah beradaptasi dengan baik dan burayak bertambah umur bisa kita tambahkan sedikit-demi sedikit airnya. Ketinggian awal ini musti dangkal agar burayak tidak kesulitan naik turun mengambil oksigen di luar air.

 

  • Masukan Wadah Pemijahan Ke Wadah Pembesaran

 

Setelah persiapan wadah dan air selesai, ambil wadah pemijahan dan letakan pada wadah pembesaran, tunggulah kurang lebih 10 menit agar suhu air di wadah pembesaran bisa sama dengan suhu air di wadah pemijahan.

 

Setelah dirasa cukup, maka jika temen-temen menggunakan bak hitam seperti gambar di atas, sebaiknya miringkan agar air terkumpul di satu sisi.

 

Setelah miring, baru tuangkan dengan perlahan burayak ikan cupang, setelah semuanya tertuang maka bisa kembalikan wadah pembesaran ke semula ( tidak diirengkan lagi ).

 

Seperti itulah cara memindahkan burayak ikan cupang pada wadah atau kolam pembesaran. Lebih lengkapnya silahkan lihat vidio di bawah ini.

 

 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *