Cara Mengatasi Ikan Cupang Lesu Secara Alami

Cara Mengatasi Ikan Cupang Lesu, penjualcupang.com | Cupang yang banyak diam atau dengan kata lain lesu merupakan tanda atau gejala ikan cupang tersebut kurang sehat.

 

Ada banyak jenis penyakit yang umum menyerang ikan cupang, misalnya sisik nanas, pop eye, velvet, jamur dan masih banyak lagi dan semua umumnya gejala awalnya adalah kurangnya aktivitas ikan cupang.

 

Selain banyak diam, gejala awal semua jenis penyakit ikan cupang ini juga bisa kita lihat kurangnya nafsu makan, bahkan terkadang kita melihat ikan jadi penakut.

 

Cara Mengatasi Ikan Cupang Lesu

 

Tanda lain yang umum bisa kita lihat dengan kasat mata adalah pucatnya warna pada ikan cupang, bahkan sesekali berenang cepat untuk menggosokan bagian tubuhnya ke sisi akuarium. Selain itu semua lesunya ikan cupang ini juga diiringi dengan ekornya yang kuncup.

 

Cara Mengatasi Ekor Ikan Cupang Kuncup

 

Jika ikan cupang kalian lesu dan sebagian dari tanda-tanda ikan cupang sakit yang admin sebutkan di atas, maka harus cepat kita atasi sebelum penyakitnya menjadi semakin parah.

 

Dan berikut ini admin paparkan cara mengatasi ikan cupang lesu seperti milik kalian. Dengan cara ini semoga nanti menjadi semakin membaik dan akhirnya bisa bergerak lincah seperti sedia kala.

 

Cara Mengatasi Ikan Cupang Lesu

 

  • Persiapan Bahan-Bahan Untuk Penanganan Cupang Yang Lesu

 

Segera siapkan wadah baru untuk memindahkan perawatan ikan cupang kamu yang lesu, siapkan air yang sudah diendapkan minimal sehari semalam, semakin lama pengendapan semakin bagus, misalnya satu minggu.

 

Karena ini darurat maka tidak mungkin untuk membuat air endapan yang seminggu, untuk itu kita menggunakan air yang sudah diendapkan minimal sehari semalam.

 

Carilah daun ketapang yang bener-bener sudah kering dan cobalah pergi ke toko ikan hias untuk membeli garam khusus ikan.

 

Nah setelah semua bahan dan alat untuk pengobatan awal cupang kuncup, maka berikut adalah langkah-langkahnya

 

  • Langkah-Langkah Pengobatan Cupang Lesu

 

Isi wadah atau akuarium dengan air endapan setengah dari ketinggian wadah, misalnya kalian menggunakan akuarium dengan tinggi 10 cm, maka isi air 5 cm saja.

 

Selanjutnya masukan garam kusus ikan sedikit saja, jangan sampai air menjadi asin. Pokoknya dikira-kira agar tidak terlalu banyak.

 

Aduk agar agaram terlarut dengan air dan biarkan hingga putaranya berhenti, setelah berhenti kalian bisa memasukan setengah lembar daun ketapang yang sudah bener-bener kering yang sudah kalian cari.

 

Obat ikan cupang alami

 

Kalian bisa menunggu hingga air berubah warna menjadi kecoklatan atau langsung memasukan ikan cupang kalian ke wadah yang sudah siap tadi.

 

Yang perlu kalian ingat adalah untuk sedikit mengambil air dari air yang dari wadah ikan sebelumnya dan campurkan ke wadah yang baru tersebut. Tujuanya agar ikan yang lesu tadi mudah untuk beradaptasi dengan air yang baru tadi.

 

  • Cara Merawat Ikan Cupang Yang Lesu

 

Langkah – langkah tadi merupakan pertolongan pertama dan bukan berarti dengan melakukan langkah-langkah tersebut ikan cupang langsung aktif dan sembuh.

 

Kita musti merawatnya dengan sepenuh hati hari demi hari agar bener-bener sembuh. Untuk itu berikut ini cara perawatanya.

 

a. Pemberian Pakan

 

Makanan ikan cupang

 

Pemberian pakan musti dibatasi, misalnya jika kalian biasa memberi pakan dengan pelet ikan cupang dan pola pemberian pakan 2 kali sehari, maka dalam perawatan ikan cupang lesu ini pola pemberian dirubah total.

 

Untuk hari pertama setelah ikan kita ganti wadah dan air, jangan kasih pakan dulu selama sehari, baru besok harinya kita kasih pakan dengan takaran yang sangat sedikit.

 

Jika hari-hari sehat kamu membarinya 5-10 butir pelet, maka untuk hari kedua ini kamu berikan hanya 3-4 pelet saja.

 

Dihari kedua ini ikan cupang sebenernya lapar, akan tetapi nafsu makanya belum kembali seperti sedia kala. Usahakan ketika kamu memberi pakan jatuhkan tepat di depanya, jika dari 4 biji pelet ini masih ada sisa, segera ambil, agar tidak membuatnya stres.

 

Hari ketiga jangan beri pakan atau dengan kata lain puasakan ikan cupang tersebut. Begitu seterusnya pada hari hari selanjutnya, yakni beri pakan sehari puasa sehari.

 

Jika dirasa nafsu makan ikan sudah kembali normal, maka pola pemberian pakan bisa dikembalikan seperti sedia kala sebelum sakit, hanya saja yang perlu kalian ingat adalah untuk memberi pakan sedikit demi sedikit hingga ikan cupang berhenti makan.

 

Itu contoh pakan pelet, untuk kalian yang memberi pakan hidup polanya sama dengan pemberian pakan pelet.

 

b. Tempatkan Jauh Dari Ikan Cupang Lain

 

Setelah kita memindahkan ikan cupang ke wadah yang baru tadi, tempatkan ikan cupang jauh dari ikan cupang yang lain, tujuanya agar tenang dan mempercepat pemulihan kondisi tubuhnya.

 

Jika nafsu makan sudah kembali normal, maka bisa kalian sandingkan dengan cupang lain untuk memulihkan mentalnya agar tidak penakut lagi.

 

c. Penjemuran

 

Di hari kedua, ketika kalian memberi makan dan setelah selesai lakukan penjemuran di bawah sinar matahari pagi, penjemuran jangan lama-lama cukupĀ  3-5 menit saja, meski begitu kalian juga harus mengawasinya, jika dalam 3 menit suhu air sudah banyak berubah, ya langsung ambil.

 

d. Penggantian Air

 

Untuk air yang baru ini jangan diganti sampai seminggu, setelah seminggu jika ikan masih lesu, maka tambahkan air saja sedikit.

 

Jika sudah sehat maka lakukan penggantian air secara total, dengan catatan air yang lama tetap sedikit dicampurkan pada air yang baru agar ikan cupang mudah beradaptasi.

 

Admin bukan dokter hewan, cara mengatasi ikan cupang lesu secara alami yang admin sebutkan di atas adalah pengalaman admin untuk itu, setiap ikan memiliki kekebalan tubuh berbeda dan tingkat kelesuan yang berbeda pula.

 

Jadi admin hanya berdoa dengan penerapan cara tersebut ikan cupang kalian kembali sehat.

 

majalahikan.com

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.