Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Berhasil, Cocok Untuk Pemula!!!

Cara Mengawinkan Ikan Cupang, penjualcupang.com | Ada banyak faktor yang membuat kita berhasil dalam mealakukan budidaya ikan cupang, salah satu yang terpenting adalah selalu belajar dan menjadikan kesalahan-kesalahan ketika mengawinkan ikan cupang sebagai guru kita dan tentunya dengan selalu upgrade ilmu-ilmu baru dunia percupangan.

 

Dengan tulisan yang mudah dipahami ini, admin akan memandu betta lovers semuanya untuk sukses mengawinkan ikan cupang, bahkan tidak hanya sampai bertelur saja. Karena mengawinkan ikan cupang sampai bertelur bukanlah puncak dari keberhasilan.

 

Sukses mengawinkan ikan cupang itu harus sampai ikan bisa kalian masukan ke soliter bahkan yang berniat untuk menjualnya harus sampai kepenjualan.

 

Baca dengan santai langkah demi langkah cara mengawinkan ikan cupang yang admin paparkan ini dan praktekan dengan santai pula setelah kalian memahami.

 

Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Berhasil

 

  • 1, Pemilihan Induk Yang Sudah Siap Kawin

 

Induk ikan cupang merupakan faktor terpenting ketika mengawinkan ikan cupang, salah memilih induk akan menjadikan kekagalan ternak ikan cupang.

 

Dalam memilih induk ikan cupang haruslah memenuhi beberapa kriteria berikut :

 

  • Induk Ikan Cupang Jantan

 

gambar sirip dan ekor ikan cupang jantan panjang

 

1, Sehat :

 

Ciri-ciri ikan cupang sehat banyak gerak, ngedok sempurna ( insang terbuka semua dan sirip serta ekornya mengembang sempurna tidak setengah-setengah ).

 

Selain kondisi yang prima, ikan cupang jantan yang akan dikawinkan juga tanpa cacat agar menghasilkan keturunan yang bagus.

 

2, Umur Ikan Cupang Jantan Harus 4 Bulan Lebih :

 

Mengkawinkan ikan cupang jantan yang umurnya masih muda memiliki banyak resiko, seperti misalnya induk jantan makan telur, makan burayak, jika sampai menetas bisa gampang terserang jamur, pada mati tanpa sebab dan masih banyak lagi.

 

Banyak petani ikan cupang bahkan menganjurkan umur ikan cupang yang ideal untuk dikawinkan sebaiknya umur 8 bulan.

 

Admin memilih 4 bulan, karena admin tau kamu adalah pemula yang tak bisa bersabar menunggu ikan berumur 8 bulan, selain itu rata-rata ikan cupang yang admin kawinkan memang umur sekian dan allhasil tetap berhasil hingga ke penjualan.

 

3, Sesuaikan Ukuran Jantan Dengan Ukuran Betina :

 

Ini penting, pilihlah induk jantan yang ukuranya tidak terlalu besar dari pada betina, karena nantinya akan sulit kawin ( memeluk betina ).

 

Selain itu, jika jantan terlalu besar ikan cupang betina akan bener-bener ketakukan yang manjadikan ikan betina terus menghindar tidak mau kawin.

 

Dan juga jangan lebih kecil dari pada betina, karena bisa kalah dan akhirnya gagal kawin.

 

  • Induk Ikan Cupang Betina

 

Cara Mengawinkan Ikan Cupang

 

1, Sehat :

 

Betina lebih mendominsi keturunan, untuk itu jangan sampai memilih betina yang sakit atau cacat

 

2, Umur 4 Bulan Lebih :

 

Sekali lagi, induk betina mendominasi keturunan ikan cupang, dampak buruk mengkawinkan ikan cupang betina kurang umur jauh lebih buruk ketimbang yang ditimbulkan ikan cupang betina yang kurang umur.

 

3, Ikan Cupang Betina Full Telur

 

Silahkan lihat penjelasanya dengan melihat vidio di bawah ini :

 

 

  • 2. Menyiapkan Peralatan Untuk Perkawinan Ikan Cupang

 

Ketika ternak ikan cupang tidak banyak membutuhkan peralatan, bahkan tidak membutuhkan kolam luas layaknya ikan air tawar konsumsi, peralatan yang dibutuhkan yakni :

 

1, Wadah Perkawinan atau Pemijahan

 

 

cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur

 

Wadah perkawinan atau wadah pemijahan ini digunakan untuk tempat kawin ikan cupang, mengerami telur, merawat burayak hingga umur 5 hari atau katika burayak sudah kuat dan siap untuk dipindahkan ke kolam pembesaran.

 

Wadah pemijahan ini tidak boleh terlalu kecil atau sempit, karena ketika ikan cupang sudah selesai kawin dan kita ingin mengambil ikan cupang betina bisa merusak sarang gelembung dan membuat telur berserakan.

 

Wadah pemijahan ini juga jangan terlalu besar atau lebar, karena akan menyulitkan ikan cupang jantan ketika menaklukan ikan cupang betina, karena betina memiliki banyak ruang untuk melarikan diri atau menghindar ketika ikan cupang jantan mendekati.

 

2, Botol Kecil Transparan

 

cara mengawinkan ikan cupang agar berhasil

 

Fungsi botol kecil transparan ini untuk memperkenalkan ikan cupang jantan dan betina yang sering disebut dengan penjodohan.

 

3, Media Untuk Sarang Gelembung

 

cara mengawinkan ikan cupang halfmoon

 

Apa saja bisa digunakan untuk media menempelnya gelembung ini, yang penting bisa bertahan hingga 4 hari mengapung di permukaan air.

 

Misalnya plastik transparan atau yang paling umum digunakan oleh para petani ikan cupang adalah daun ketapang. Kenapa daun ketapang yang paling banyak digunakan? Karena gelembung sarang lebih kuat menempel dan zat tanin yang dikeluarkan daun  ketapang ini akan melindungi telur dari busuk atau bakteri jahat.

 

Media pijah ini sifatnya opsional ( boleh pake boleh tidak ), karena tanpa media pijah ini sarang gelembung juga tetap dibuat oleh ikan cupang jantan yang ditempelkan pada dinding wadah pemijahan.

 

4, Kolam Pembesaran

 

cara budidaya ikan cupang hias

 

Apapun yang kamu miliki yang penting agak lebar, admin sendiri untuk kolam pembesaran ini sering menggunakan bak yang berwarna hitam.

 

 

Langkah – Langkah Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Berhasil

 

  • Langkah Pertama :

 

berapa lama ikan cupang betina bisa bertelur lagi

 

Pertama tama siapkan wadah pemijahan isi dengan air yang sudah diendapkan dengan ketinggian satu jari atau satu setengah jari telunjuk.

 

Jangan tinggi – tinggi karena akan membuat ikan cupang jantan cepat lelah berenang naik turun yang akhirnya bisa menjadikan tidak semua telur terbuahi dan jangan terlalu dangkal, karena akan membuat mereka kesulitan untuk kawin.

 

  • Langkah Kedua :

 

ciri ciri ikan cupang betina siap kawin

 

Masukan ikan cupang jantan ke wadah pemijahan, biarkan dia berkeliling menjelajah tempatnya yang baru, kurang lebih 5-10 menit.

 

  • Langkah Ketiga :

 

Masukan media sarang gelembung ( daun ketapang atau plastik bening )

 

  • Langkah Keempat :

 

cara ternak ikan cupang

 

Masukan ikan cupang betina ke botol kecil transparan lalu masukan botol kecil yang ada ikan cupang betinanya ke wadah perkawinan ( masa penjodohan )

 

  • Langkah Kelima :

 

membedakan ikan jantan dan betina

 

Tutup dan biarkan mereka saling mengenal ( jangan pernah keppo untuk milhatnya ) biarkan saja dalam kondisi tertutup.

 

Sebaiknya ketika kita menjodohkan ikan cupang ini pagi hari, agar sore hari ikan cupang jantan sudah membangun sarang gelambung. Atau penjodohan sore hari agar besok paginya jantan sudah membuat sarang gelembung.

 

  • Langkah Keenam :

 

menjodohkan ikan

 

Setelah setengah hari kita menjodohkan ikan cupang, saatnya untuk melepas ikan cupang betina ke wadah perkawinan.

 

Setelah itu kita tutup dan biarkan mereka kawin. Admin tekankan lagi jangan dibuka-buka untuk melihat mereka yang sedang kawin, karena bisa menyebabkan mereka nggak mau kawin.

 

Umumnya ikan cupang kawin di pagi hari sekitar jam 7 sampai jam 11 atau sore sekitar jam 2 sampai jam 5.

 

  • Langkah Ketujuh

 

Telur ikan

 

Setelah kita tau kisaran jam berapa ikan cupang kawin, maka langkah terakhir adalah mengambil ikan cupang betina yang sudah bertelur.

 

Jika tidak diambil ada kemungkinan ikan cupang betina akan mendekati sarang gelembung dan mencoba untuk memakan telur, untuk itu ambil segera ikan cupang betina setelah selesai kawin ( jam 11 atau jam 5 ).

 

Sampai di sini langkah langkah cara mengawinkan ikan cupang, agar berhasil sampai ke penjualan silahkan lihat kelanjutanya dengan mengklik judul ini Cara Merawat Telur Ikan Cupang Hingga Menetas.

 

 

By : Ikan Hias Air Tawar Laut dan Aquarium

 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.