Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur

Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur, penjualcupang.com | Banyak yang bertanya perihal ternak ikan cupang agar cepat berhasil, saya sadar dengan pertanyaan tersebut, tentunya saya yakin yang bertanya adalah pemula yang tidak sabar.

 

Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur

 

Sebenernya mengawinkan ikan cupang tidak membutuhkan waktu lama, hanya saja karena terburu-terburu buru ingin berhasil malah menjadi lama.

 

Kok bisa?????

 

Paling cepat ikan mengawinkan ikan cupang hingga bertelur membutuhkan waktu sehari, normalnya 2 hari akan tetapi karena terburu-terburu bisa memakan waktu lebih dari itu, bahkan banyak juga yang sampai seminggu cupang jantan dan betina disatukan tak kunjung bertelur juga.

 

Berikut ini admin kasih tau Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur akan tetapi admin minta kamu melakukan dengan sabar dan jangan tergesa-gesa dalam mempraktekanya.

 

2 Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur

 

Admin membagi cara ini menjadi 2, yang pertama untuk sebelum proses perkawinan dan yang ke dua pada masa proses perkawinan.

 

  • 1. Pemilihan dan Perawatan Induk Ikan Cupang Jantan dan Betina

 

Jika kamu ingin ikan cupang yang kamu kawinkan cepat bertelur, maka pilihlah ikan cupang betina yang perutnya sudah penuh dengan telur.

 

Mengawinkan Ikan Cupang

 

Dengan ikan cupang betina yang siap kawin atau perutnya penuh dengan telur ini tentunya ketika disatukan dengan ikan cupang jantan akan langsung bertelur.

 

Lain halnya jika kamu mengawinkan ikan cupang betina yang perutnya belum terisi dengan telur, maka perkawinan tidak akan terjadi, bahkan umumnya betina yang seperti ini akan dikejar-kejar terus dan gigitin ikan cupang jantan.

 

Untuk itu, perawatan ikan cupang betina sebelum diakwinkan ini harus dilakukan dengan baik, mulai dari peggantian air hingga makanan cupang betina agar cepat bertelur kamu berikan.

 

Cara agar cupang betina banyak telur ini merupakan perkara yang pertama yang harus kamu ketahui ilmunya dan lakukan terlebih dahulu sebelum dikawinkan.

 

Selain ikan cupang betina yang sudah dewasa dan full telur, cara agar ikan cupang cepat bertelur ini juga harus dengan ikan cupang jantan yang bener-bener sudah siap untuk dikawinkan.

 

Ikan Cupang Jantan Siap Kawin

 

Salah satu ciri ikan cupang jantan sudah siap untuk dikawinkan adalah dia membuat gelembung sarang di soliter dimana dia dirawat.

 

Cara membedakan ikan cupang jantan dan betina yang sudah siap untuk dikawinkan inilah yang menentukan seberapa cepat mereka kawin dan bertelur.

 

  • 2. Membiarkan Ikan Cupang Kawin Dengan Sendirinya

 

Setelah kalian tau bagaimana pemilihan ikan cupang jantan dan betina yang akan kalian kawinkan, maka langkah selanjutnya cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur adalah dengan tidak mengganggu mereka yang sendang kawin.

 

Ikan Cupang kawin

 

Ini yang kebanyakan para pemula abaikan, pemula yang rasa penasaranya tinggi dan belum pernah sama sekali meilhat ikan cupang kawin, maka akan melihat terus proses mulai dari penjodohan.

 

Padahal hal semacam ini akan membuat ikan cupang tidak kawin-kawin karena terganggu dengan keberadaan kamu disekitar mereka.

 

Untuk itu, setelah kedua ikan cupang jantan dan betina dijodohkan dan ikan cupang jantan sudah membuat sarang gelembung, maka satukan mereka di pagi atau sore hari.

 

Dan tutup wadah perkawinan mereka dan biarkan mereka melakukan tugas mereka, kamu hanya cukup menutupnya hingga sore atau pagi harinya.

 

Dengan memperhatikan penjelasan langkah pertama dan memilih jantan serta betina dengan benar seperti apa yang saya sampaikan tadi, maka nggak akan lama ikan cupang akan bertelur setelah disatukan.

 

Bahkan jika kamu benar dalam memilih ikan cupang jantan dan betina, luka-luka akibat perkawinan baik jantan maupun betina jarang terjadi.

 

Walhasil, ekor dan sirip ikan cupang tidak robek serta tubuh tidak penuh luka dan telurpun akan cepet dikeluarkan.

 

Itulah 2 Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur, jika belum paham tanyakan saja di kolom komentar. Dan akhir kata semoga budidaya ikan cupang kamu semua berhasil dengan cepat.

 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.