Cara Mengobati Ikan Cupang Sekarat

Cara Mengobati Ikan Cupang Sekarat, penjualcupang.com | Banyak sekali jenis penyakit yang menyerang ikan cupang, seperti misalnya jamur ich yang menyebabkan ekor dan sirip ikan cupang kuncup. Mata bengkak atau pop eye dan masih banyak lagi.

 

Diantara penyakit ikan cupang yang paling berbahaya dan jarang sekali cara pengobatan yang bisa menyembuhkanya adalah sisik nanas.

 

Pada bahasan kali ini admin ingin membicarakan ikan cupang yang sekarat, karena beda dengan penyakit lainya yang mungkin bisa dibilang sama dalam penyebutanya.

 

Lain halnya dengan sekarat, sekarat bisa diartikan ikan cupang yang bener-bener sudah mendekati ajal, bisa juga diartikan dengan pengertian seperti pandangan admin berikut ini.

 

Ciri-Ciri & Cara Mengobati Ikan Cupang Sekarat

 

Ikan cupang yang sekarat menurut pandangan admin adalah ikan cupang yang berada di dasar, nafasnya terengah-engeh atau pelan banget, bisa dibilang nggak gerak atau mungkin hanya sekali dalam sehari bergerak, warna pucat, ekor dan siri kuncup serta kurus karena tidak mau makan.

 

Cara Mengobati Ikan Cupang Sekarat

By https://www.majalahikan.com/

 

Nah ikan seperti ciri-ciri itulah yang admin maksud dan yang akan kita obati. Pengobatan yang admin lakukan berkali-kali pada ikan cupang admin ini sukses.

 

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan gagal juga, karena tingkat keparahan sekaratnya ikan berbeda-beda. Dan berikut adalah langkah-langkahnya.

 

Langkah-Langkah Cara Mengobati Ikan Cupang Sekarat

 

  • Siapkan Wadah

 

Yang pertama kita siapkan adalah wadah, wadah ini kalau menurut admin yang bagus adalah yang berbahan plastik, bukan kaca. Itu karena suhu air lebih stabil plastik bila dibandingkan dengan kaca.

 

 

Untuk memudahkan langkah pertama ini, admin menggunakan toples sosis so nice, dan tentunya boleh menggunakan apa saja, akan tetapi karena ada ukuran ketinggian yang admin pake dalam pengobatan ini, sebaiknya gunakan wadah yang sama dengan admin.

 

  • Siapkan Daun Ketapang Kering

 

 

Daun ketapang laut atau darat boleh semua, siapkan beberapa lembar untuk membuat ekstrak daun ketapang. Setelah ekstrak daun ketapang jadi, masukan pada toples sosis so nice setinggi 1/3 toples saja.

 

  • Siapkan Garam Ikan

 

 

Yang terakhir adalah menambahkan garam ikan sedikit pada ekstrak daun ketapang yang sudah kita siapkan. Bolehkah memakai garam dapur, untuk saat ini admin hanya menganjurkan garam ikan, jadi maaf ya.

 

  • Masukan Ikan Cupang Yang Sekarat

 

Langkah terakhir adalah memasukan ikan cupang yang sedang sekarat pada ekstrak daun ketapang yang sudah kita siapkan. Dan dengan tidak memberinya makan selama 2 hari.

 

Setelah 2 hari bisa dilihat perkembanganya, jika memang belum parah dan dosis ekstrak serta garamnya pas insyaallah sembuh, sebaliknya jika sudah parah ya sudah takdirnya ikan cupang mati.

 

Akan tetapi meski mati, kita sudah berusaha semampu kita dengan mengbatinya secara alami, karena manusia saja saat ini banyak yang memilih obat herbal ketimbang non herbal.

 

Untuk menyakinkan temen-temen, di bawah ini ada channel yang admin rujuk yang bisa dilihat caranya.

 

 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *