Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Umur 2 Bulan

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Umur 2 Bulan, penjualcupang.com | Disetiap pertumbuhan burayak ikan cupang tentunya ada beberapa langkah yang berbeda dalam merawatnya. Nah pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi pengalaman bagaimana cara menangani burayak ikan cupang yang sudah berumur 60 hari.

 

Seperti kalian perhatikan burayak kalian yang saat ini umurnya sudah 2 bulan, tentunya ukuranya sudah semakin besar.

 


Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Cepat Besar


 

Dari ukuran ini semua tergantung jumlah burayaknya, jika banyak lebih dari 400 ekor, alangkah baiknya kalian bagi menjadi 2 tempat.

 

Kenapa musti dibagi?

 

Karena agar kalian tidak seringkali mensifon bagian dasar kolam atau tempat pembesaran. Selain itu dengan memisahkan mereka menjadi 2 tempat menjadikan mereka lebih leluasa yang akhirnya akan menjadikan mereka lebih maksimal lagi tumbuhnya.

 

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Umur 2 Bulan

 

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Umur 2 Bulan

By https://www.majalahikan.com/

 

Itu kalau jumlah burayak kalian banyak. Kalau hanya kirasan 100-250 an ekor ya nggak usah dibagi menjadi dua tempat.

 

Pada umur burayak yang ke-dua bulan ini kita tidak hanya mengejar size akan tetapi lebih dari itu, kita akan mengejar warna dan juga menjaga sirip-sirip mereka tidak rusak.

 

Untuk itu semua tergantung ikan cupang yang kalian ternak, jika jenis ekor panjang sebaiknya pemeliharaan burayak umur 2 bulan ini dimasukan ke botol, satu botol satu ikan.

 

ikan cupang hias

 

Kalau masih dirawat di kolam pembesaran banyak kemungkinan mereka akan sikut-sikutan yang akhirnya membuat sirip dan ekor mereka pada sobek.

 

Ketika sudah rusak, maka nilai jual ikan cupang yang memiliki ekor panjang akan berkurang, bahkan tidak laku untuk dijual.

 

Pemeliharaan di botol ini juga sangat disarankan untuk ikan cupang hias yang diperutukan kontes, atau bisa dibilang cupang SNI.

 

Kalau ikan cupang plakat lainya ( hias yang bukan untuk kontes ) masih bisa kita toleransi untuk tidak di rawat di botol, karena biasanya masih terbilang aman sampai usia mereka 3 bulan.

 

Yang penting kita harus rajin mensifon kotoran yang ada di dasar karena kesehatan ikan tergantung kualitas air dimana mereka hidup.

 

Selain itu, melakukan pembersihan bagian dasar ini juga akan merangsang ikan cupang untuk cepat mutasi, karena tentunya air baru sering masuk ke kolam.

 

Deangan adanya air baru ini akan merangsang burayak cepat mutasi juga, tentunya juga dengan pemberian makan yang bernutrisi, seperrti misalnya jentik, cacing sutra atau kutu air.

 

Penambahan daun ketapang kering atau ekstrak daun ketapang ini juga diperlukan dalam merawat burayak ikan cupang umur 2 bulan, baik yang di rawat di botol maupun yang masih di kolam pembesaran.

 

Seperti itulah singkatnya cara merawat burayak ikan cupang umur 2 bulan, semua tergantung jenis ikan cupang yang kalian besarkan dan juga tempat. Bisa kalian sesuaikan ya….yang belum jelas bisa ditanyakan di kolom komentar.

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *