Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Mudah Mati

Cara Merawat Ikan Cupang, penjualcupang.com | Rumor yang beredar ikan cupang merupakan ikan hias yang paling mudah dirawat dari pada jenis ikan hias air tawar lainya. Itu karena ikan cupang adalah ikan labirin yang mana ia mampu bertahan hidup di volume air yang sedikit.

 

Selain itu ikan cupang bisa bertahan tidak makan jauh lebih lama bila dibandingkan dengan ikan hias air tawar lainya.

 

Tak hanya itu, memelihara ikan cupang juga tidak membutuhkan peralatan aquarium layaknya ikan hias yang lain, seperti misalnya aerator atau filter bahkan heater.

 

Benarkah semua rumor ini?

 

Meskipun cara merawat ikan cupang itu mudah, faktanya banyak para pecinta ikan cupang baik kawakan maupun pemula banyak yang frustasi karena ikan cupang yang mereka pelihara banyak yang mati dalam waktu yang relatif singkat.

 

Cara Merawat Ikan Cupang

 

Untuk itu admin ingin berbagi beberapa tips pada betta lovers semuanya bagaimana cara merawat ikan cupang yang benar, tentunya cara ini umum untuk semua jenis ikan cupang, dengan tanda kutip hanya ikan cupang hias. Karena untuk ikan cupang alam dan ikan cupang adu cara perawatanya agak berbeda.

 

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Cupang Aduan Biar Ganas

 

Hanya saja, sebelum kalian lanjut membaca yang perlu digaris bawahi adalah cara ini harus kalian lakukan dengan rutin.

 

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Mudah Sakit Atau Mati

 

1, Cara Merawat Ikan Cupang – Menyiapkan Akuarium Yang Tepat

 

Seperti disinggung di atas, cupang mampu bertahan hidup pada volume atau air yang sedikit. Dengan keunikan cara bertahan hidup ini, banyak sekali ukuran akuarium yang diproduksi oleh para pengrajin.

 

Faktanya banyak yang beredar di pasaran akuarium untuk memelihara ikan cupang ada yang ukuranya sangat kecil, bahkan demi keindahan ada akuarium yang bentukanya layaknya lampu bolam. Selain itu, bekas botol selai juga banyak digunakan untuk wadah merawat ikan cupang.

 

 

Sah – sah saja memelihara ikan cupang dengan wadah yang ukuranya kecil, toh ikan cupang mampu bertahan hidup di air yang sedikit.

 

Oke, kita akan melihat kelebihan dan kekurangan dari akuarium yang ukuranya kecil ini untuk wadah ikan cupang kalian.

 

a. Kelebihan Akuarium Kecil Untuk Wadah Ikan Cupang

 

wadah ikan cupang

By https://yadhipetualang.wordpress.com/

 

  • Mudah dibawa kemana-mana : Ini biasanya dilakukan oleh anak kecil dan penjual ikan cupang keliling.

 

  • Unik dan sedap dipandang : Karena bentuknya yang mungil ( bentuk lampu dll ) indah ( bentuk tabung dll ).

 

Dari sekian pengamatan admin, hanya 2 ini saja kelebihan ukuran akuarium mungil untuk merawat ikan cupang.

 

b. Kekurangan Akuarium Kecil Untuk Wadah Ikan Cupang

 

aquarium ikan

By https://www.pexels.com/id-id/foto/1077646/

 

  • Wadah kecil akan membuat ikan cupang tidak nyaman bergerak, karena ruang untuk bergerak terbatas.

 

  • Wadah kecil akan membuat air cepat keruh dan berbahaya untuk ikan cupang akibat dari kotoran maupun sisa pakan yang tidak kemakan.

 

  • Wadah kecil untuk merawat ikan cupang akan menjadikan ikan cupang mudah lompat dari wadah.

 

  • Mudah menjadikan ikan cupang stres dan berakibat menggigit ekor sendiri.

 

  • Karena air cepat keruh, maka penggantian air akan lebih cepat dan ini bisa mengakibatkan ikan stres karena sulitnya beradaptasi dengan air baru.

 

  • Dan masih banyak berbagai masalah yang akan merugikan kesehatan ikan cupang ketika memelihara ikan cupang di wadah yang kecil.

 

Dengan melihat kelebihan dan kekurangan wadah kecil untuk merawat ikan cupang, tentunya sangat tidak dianjurkan memelihara ikan cupang di tempat atau akuarium yang ukuranya kecil.

 

Untuk itu siapkan wadah atau akuarium yang ukuranya sesuai kebutuhan ikan cupang, agar ikan cupang tidak mudah sakit.

 

Lalu berapa ukuran wadah yang direkomendasikan untuk merawat ikan cupang, admin sudah membahasanya jauh-jauh hari sebelumnya, silahkan simak ulasanya pada judul berikut : Ukuran Aquarium Ikan Cupang Hias Yang Paling Tepat

 

2. Cara Merawat Ikan Cupang – Menyiapkan Air

 

Selain wadah, air bagian terpenting dalam memelihara ikan cupang. Cara merawat ikan cupang yang benar agar tidak mudah sakit faktor penentunya adalah di air.

 

Baik air untuk awal dimasukanya ikan cupang maupun untuk penggantian air di hari selanjutnya harus diperhatikan dengan cermat.

 

Kita akan memualainya dengan air baru untuk pertama kali ikan cupang yang akan kita rawat. Jika air kalian adalah air PDAM, sebaiknya sebelum membeli ikan atau ikan dalam perjalanan ( beli online ) endapkan terlebih dahulu air kurang lebih 24 jam atau sehari semalam.

 

Pengendapan ini penting, karena zat-zat dari PDAM yang tidak baik untuk kesehatan ikan cupang akan mengendap, jika kamu tidak paham dengan bahasa pengendapan, kata lainya adalah ambil air PDAM satu ember lalu diamkan selama 24 jam.

 

Di daerah Kalimantan atau daerah lain yang menggunakan air hujan, maka pengendapan seperti layaknya air PDAM juga musti dilakukan sebelum ikan cupang dimasukan.

 

Jika air yang akan kamu gunakan untuk merawat ikan cupang bukan PDAM dan air hujan, ikan cupang bisa langsung dimasukan ke air tersebut, dengan catatan air jernih dan tidak asin.

 

Setelah wadah dan air siap, maka langkah selanjutnya adalah memasukan ikan cupang yang baru kita beli ke air, ketika memasukan ikan cupang, maka langkah – langkah berikut ini yang harus kamu lakukan.

 

  • Masukan ikan cupang sekalian plastik pembungkus ikan cupang dan biarkan ikan cupang beradaptasi dengan suhu air yang sudah kamu siapkan kurang lebih selama 10 menit.

 

  • Ini penting sekali kamu praktekan, karena ketika dilepaskan ikan cupang tersebut dalam hal suhu air sudah beradaptasi yang akhirnya tidak memicu stres.

 

  • Ketika ikan cupang dilepaskan, air yang ada diplastik juga sekalian kamu masukan agar tercampur dengan air baru tadi, tujuanya agar ikan cupang tidak stres dan lebih mudah beradaptasi.

 

Setelah kita mengetahui air baru untuk ikan cupang, maka mengetahui air untuk penggantian juga musti kita ketahui.

 

Penggantian air ikan cupang ini merupakan kunci cara merawat ikan cupang agar tidak mati, rutinitas penggantian air juga musti terjaga agar ikan tidak mudah sakit.

 

Berapa hari sekali mengganti air ikan cupang?

 

Seperti disinggung di atas, terlalu cepat mengganti air akan menjadikan ikan cupang sulit beradaptasi dan akhirnya ikan cupang stres.

 

Terlalu lama mengganti air akan menjadikan air keruh, penuh dengan racun akibat dari kotoran ikan cupang serta pakan yang tidak termakan yang akan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.

 

Lalu berapa hari sekali?

 

Menurut pengalaman, satu minggu sekali mengganti air adalah yang paling admin rekomendasikan untuk cara merawat ikan cupang agar tidak mudah sakit.

 

Sedangkan untuk cara mengganti air ini sebaiknya kamu ambil ikan cupang dengan dengan airnya sedikit, lalu kamu masukan ke wadah yang sudah disiapkan.

 

cara memberi makan ikan cupang

 

Lakukan penggantian air ini dengan rutin agar ikan cupang tetap sehat dan tidah mudah sakit bahkan tidak gampang mati.

 

3. Pemberian Pakan Ikan Cupang

 

Kunci sukses cara merawat ikan cupang agar tidak mudah sakit selanjutnya adalah pola pemberian pakan. Seperti disinggung di atas, meskipun ikan cupang mampu tidak makan hingga berhari-hari, bukan berarti pola pemberian pakan seenaknya saja.

 

Pola pemberian pakan ini yang paling direkomendasikan adalah 2x dalam sehari, pagi dan sore hari, selain itu pemberian pakan juga jangan kurang atua bahkan berlebihan, karena :

 

  • Jika ikan cupang kurang kenyang bisa mengakibatkan lompat dari wadah ketika ada serangga melintas di atasnya.

 

  • Jika pemberian pakan berlebihan akan mengakibatkan ikan cupang stres serta banyak sisa yang tidak termakan dan mengendap di dasar yang tentunya akan membahayakan kesehatan ikan cupang.

 

Apa pakan yang bagus untuk ikan cupang?

 

Ikan cupang, meskipun ukuranya mungil akan tetapi mereka adalah ikan predator. Predator tentunya memakan daging, untuk itu sebaiknya beri pakan daging ( alami ) seperti misalanya : kutu air, jentik nyamuk, cacing sutra, cacing darah dll.

 

Bolehkan memberi makan ikan cupang pelet?

 

Boleh, untuk menjaga kesehatan ikan cupang ( jangan berlebihan ), selain itu usahakan berikan juga pakan alami jangan terus-terusan pelet yang diberikan.

 

Ketiga cara merawat ikan cupang yang admin sebutkan di atas merupakan dasar dan sangat disarankan untuk malakukanya dengan rutinitas yang berkesinambungan.

 

Sedangkan berikut ini merupakan tambahan yang sangat menunjang kesehatan ikan cupang:

 

  • Berilah daun ketapang, karena ikan cupang akan merasa sangat nyaman dengan menambahkan daun ketapang.

 

  • Jika ingin menambahkan batu-batuan ataupun tanaman air palsu, pilihlah yang tidak tajam atau runcing dan tidak mengganggu area gerak ikan cupang.

 

  • Sesekali dalam seminggu jemur ikan cupang di bawah sinar matahari pagi.

 

Semoga semua yang admin tulis ini mudah kalian pahami dan tentuntya admin berharap ikan cupang kalian akan terjaga kesehatanya dengan adanya tulisan ini.

 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *