Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekor Cepat Tumbuh

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekor Cepat Tumbuh, penjualcupang.com | Berdasarkan pengalaman pribadi tidak ada ekor ikan cupang yang rusak terus dengan obat tertentu langsung tumbuh atau bagus kembali.

 

Akan tetapi bukan berarti ekor ikan cupang rusak tidak bisa tumbuh lagi, hanya saja kalian musti sabar dalam merawat ikan cupang kalian.

 

Karena ekor atau sirip ikan cupang rusak membutuhkan waktu untuk tumbuh kembali, lalu berapa lama pertumbuhan ekor ikan cupang?

 

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekor Cepat Tumbuh

By https://www.majalahikan.com/

 

Dibutuhkan lebih dari satu bulan untuk bisa tumbuh lagi seperti sedia kala ekor atau sirip ikan cupang yang rusak atau sobek.

 

Meski begitu, penulis berharap 3 cara merawat ikan cupang agar ekor cepat tumbuh ini benar-benar bisa membantu temen-temen semua.

 

3 Langkah Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekor Cepat Tumbuh

 

  • Mengganti Wadah Yang Lebih Besar

 

Jika awalnya temen-temen merawat ikan cupang dalam botol, usahakan ketika ingin memulihkan kembali ekornya yang robek atau rusak untuk mengganti wadah yang lebih besar.

 

 

Dengan merawat ikan cupang pada wadah yang lebih besar akan lebih merangsang pertumbuhan ekornya yang rusak lebih cepat bila dibandingkan dengan merawat di wadah yang sempit.

 

  • Mengganti Air Rutin

 

Umumnya jika kita merawat ikan cupang di soliter yang lumayan besar akan membantu mengurangi beban kita dalam mengganti air, itu karena airnya banyak yang tentunya masih terlihat bagus kualitasnya.

 

Air Untuk Ikan Cupang

 

Akan tetapi meski kita merawat ikan cupang dalam wadah atau soliter yang lebih besar dari biasanya, tetap kita musti mengganti air 2-3 hari sekali.

 

Karena pergantian air secara berkala akan membantu merangsang tumbuhnya ekor ikan cupang kalian yang rusak. Selain pergantian air, usahakan untuk menambahkan garam ikan serta daun ketapang kering.

 

Tujuanya agar bakteri yang ada di ekor ikan cupang yang rusak tadi bisa mati dengan penambahan garam ikan, sedangkan tujuan penambahan daun ketapang kering agar dalam masa perawatan ikan cupang merasa nyaman karena kadar pH air jadi rendah.

 

  • Memberi Makan Yang Bernutrisi

 

Makanan Untuk Ikan Cupang

 

Yang terakhir adalah memberi makan ikan cupang dengan makanan alami, seperti misalnya cacing sutra, cacing darah, jentik nyamuk, atau kutu air raksasa.

 

Pemberian makanan alami ini jauh lebih memenuhi kebutuhan nutrisinya yang akhirnya menjadikan tumbuhnya ekor yang rusak menjadi lebih cepat.

 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *