Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus, penjualcupang.com | Merawat ikan cupang tipe warna berarti sekaligus kamu menjaga kesehatan ikan cupang agar tidak gampang terserang penyakit atau mati dan ekornya juga agar tidak rusak.

 

Jadi lebih ekstra bila dibandingkan dengan merawat ikan cupang yang tipe bebas gelap, karena umumnya untuk warna besgel ini hanya berfokus pada kesehatan dan ekor.

 

Warna ikan cupang jika memang gen-nya kurang kuat umumnya lambat laun warna akan memudar bahkan bisa jauh dari warna aslinya dan jika berbicara masalah gen, sulit untuk diatasi dari luar.

 

Lain halnya jika gen-nya kuat, tentunya pudarnya warna bisa diatasi dari luar dan bahkan bisa dipertajam warnanya dengan perawatan yang optimal dan berikut admin tuliskan cara merawat ikan cupang agar warnanya bagus

 

2 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

 

Dalam pemeliharaan ikan cupang ini ada dua hal yang musti diperhatikan, yang pertama pakan yang diberikan dan yang kedua air untuk habitat ikan cupang, sedangkan yang lainya nanti merupkan tambahan.

 

Jenis Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

 

Pakan bisa untuk menjaga kualitas warna ikan cupang tetap cemerlang bahkan bisa tambah lebih nyala. Pakan ini ada 2 macam, yakni pakan buatan seperti pelet misalnya dan pakan hidup atau alami.

 

  • Pelet Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

 

Ada banyak jenis dan merk pakan buatan untuk meningkatkan kualitas warna ikan cupang, dan berikut adalah merk-merknya :

 

  • a, Pelet Ikan Cupang Merk PREMIUM

 

 

Pelet ikan cupang Merk PREMIUM untuk ikan cupang yang berumur 3 bulan lebih atau bisa dibilang pelet ini diberikan pada ikan cupang reguler.

 

Kandungan proteinnya sebesar 53% dan sudah ada tambahan spirulina jadi lebih universal untuk semua ikan. Karena spirulina dapat meningkatkan warna kalo dosisnya benar.

 

Untuk harga pelet ikan cupang Merk PREMIUM ini kisaranya Rp 48.500 untuk kemasan dengan berat 200gr.

 

Jika kamu peternak ikan cupang giant ( ikan cupang terbesar ), ada merk PREMIUM yang khusus untuk si giant. Pelet ini diformulasikan khusus untuk memaksimalkan pertumbuhan ikan cupang giant dari usia 2 bulan keatas atau indukan.

 

Untuk kandungan gizi pelet Premium Giant ini protein: 60%, lipids:9%, ash:13%, moisture:8%, fiber:1,9%.

 

  • b. Pelet Monster Pro 03

 

 

Karena kandungan proteinya yang tinggi, selian untuk warna Pelet Monster Pro 03 ini memiliki kelibihan lain, yakni Mempercepat pertumbuhan, Mematangkan telur dan sperma. Jadi buat kamu yang berencana mengawinkan ikan cupang, pelet yang satu ini rekomendasi banget.

 

Komposisi utama dari Pelet Monster Pro 03 ini adalah : Marine Protein. min 57%, Lipids. min 9%, Ash. max 13%, Moisture. max 8%, Fiber. max 1.9%

 

Sedangkan cara pemberianya sedikit demi sedikit dan yang paling direkomendasikan 5 butir per pemberian pakan. Untuk harga pelet ikan cupang ini kisaranĀ  45.000/pcs, yang isi pcs-nya: 50 gram.

 

  • c. Pelet Atison’s Betta Pro

 

 

Pelet ikan cupang yang satu ini mengklaim sebagai specialist untuk pengganti pakan hidup untuk menaikkan warna pada ikan secara maksimal serta sangat cocok untuk merawat ikan kontes.

 

Pelet Atison’s Betta Pro ini terbuat dari : Embiro Artemia, Tepung Gandum, supplement Vit E, Niacin ( Vit B3 ), Thiamine Mononitrate ( Vit B kompleks ), Folic Acid ( Vitamin pendukung untuk Kandungan ), Dan macam – macam Vit B lainnya.

 

Sedangkan untuk kisaran harganya Rp85.000 yang beratnya 60gr, kalian bisa mencarinya di toko-toko online.

 

  • d. Pelet Aqualife Betta S2

 

 

Pelet Aqualife Betta S2 mengandung protein berkualitas tinggi dengan multivitamin, mineral ekstrak daun ketapang untuk menunjang imunitas serta betacarolene alami memproses pertumbuhan tubuh, merangsang warna serta vibrancy, yang berfungsi: memperkuat kekebalan tubuh, meningkatkan pertumbuhan ikan, mencerahkan dasar pigmen warna.

 

Sedangkan untuk kisaran harga pelet Aqualife Betta S2 ini Rp40.000 yang beratnya 50gr, kalian bisa mencarinya di toko-toko online.

 

Nah itulah beberapa merek pelet untuk ikan cupang agar warna ikan cupang semakin tajam. Setelah kita melihat pakan buatan yang bagus untuk warna ikan cupang, sekarang kita akan melihat pakan alami untuk ikan cupang.

 

  • Pakan Alami Untuk Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

 

Sebaik apapun pakan buatan yang diberikan untuk ikan cupang, tetap tidak bisa menandingi kelebihan pakan alami. Dan berikut adalah beberapa pakan alami yang sering diberikan pada ikan cupang untuk meningkatkan warna ikan cupang.

 

  • a. Kutu Air

 

 

Kutu air merupakan pakan alami utama untuk burayak ikan cupang, karena ukuranya yang pas di mulut ikan cupang serta memiliki kandungan protein yang tinggi yang membantu mempercepat pertumbuhan burayak ikan cupang.

 

Meski merupakan pakan wajib untuk burayak, kutu air juga merupakan pakan yang sering diberikan pada ikan cupang dewasa, terlebih ikan cupang kontes maupun ikan cupang yang memiliki warna indah.

 

Itu karena para penghobi ikan cupang tau kasiat kutu air ini untuk menambah tingkat kecerahan warna ikan cupang. Selain itu, karena ukuranya yang kecil, serta teksturnya yang lembut tentunya akan membantu memperlancar pencernaan ikan cupang.

 

Ada dua jenis kutu air yang umum diberikan pada ikan cupang, yakni moina dan daphnia ( raksasa )

 

  • b. Cacing Darah

 

Pakan Alami Untuk Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

 

Cacing darah juga merupakan salah satu jenis makanan untuk ikan cupang yang dipercaya bisa meningkatkan warna ikan cupang.

 

Meski begitu, pemberian pakan pada ikan cupang tetap yang lebih baik bervariasi, tidak memulu yang diberikan hanya cacing darah.

 

  • c. Udang

 

Gambar Pakan Alami Untuk Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

 

Udang juga banyak dipake oleh penghobi ikan cupang yang menginginkan warna ikan cupang cepat naik serta menjaga dan meningkatkan warna ikan cupang.

 

Karena ukuran udang yang besar, maka untuk pemberianya para penghobi biasanya memotong-motong hingga ukuranya pas di mulut ikan cupang.

 

Itulah 3 makanan alami yang banyak diberikan pada ikan cupang agar warna mereka tetap bagus dan bahkan bisa meningkat ketebalanya.

 

Sebelum admin lanjutkan ke perawatan, admin ingatkan kembali semua ini hanya berlaku untuk ikan cupang memiliki gen kuat, jadi bukan untuk ikan cupang yang sudah berubah warna menjadi jelek dan menginginkan agar kembali seperti sedia kala.

 

Air Untuk Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

 

Air Untuk Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

 

Segala bentuk penyakit yang menyerang ikan cupang berawal dari pakan yang kurang higienis dan air yang kondisinya buruk.

 

Kondisi air yang buruk terjadi karena penggantian air yang terlalu lama disertai kotoran ikan cupang yang ada di dasar serta pakan yang tidak termakan.

 

Selain itu, seperti kita ketahui tentunya ketika merawat ikan cupang aquarium untuk ikan cupag tidaklah sebesar seperti untuk memelihara ikan hias yang lain.

 

Dengan sedikit air untuk hidup ikan cupang ini tentunya akan mempercepat kondisi air semakin buruk, dengan demikian tidak hanya warna yang bisa pudar dan pucat, tentunya kesehatan ikan cupang juga terganggu.

 

Untuk menjaga warna ikan cupang tetap tampil lebih nyala, sebenernya sama dengan kita fokus memelihara ikan cupang agar tetap sehat.

 

Sedangkan memelihara ikan cupang agar kondisi kesehatanya tetap prima, yang paling utama adalah rutinitas yang konsisten untuk mengganti air.

 

Ada dua metode yang sering dilakukan oleh para pecinta ikan cupang dalam mengganti air ini :

 

  • a. Air Tanpa Tambahan Daun Ketapang

 

cara merawat ikan cupang agar tidak mati

 

Kondisi air yang tanpa ekstrak daun ketapang akan manjadikan ikan terlihat jelas keindahanya, akan tetapi air akan terlihat cepat keruh.

 

Untuk itu, perawatan ikan cupang di air yang tanpa daun ketapang ini membutuhkan waktu yang lebih cepat untuk mengganti air, umumnya penggantian air ini dilakukan 2 tahap.

 

Tahap pertama hanya dengan men-sifon kotoran ikan cupang yang ada di dasar dan menyisakan dan masih menyisahkan banyak air, lalu tambahkan air sebesar yang terbuang tadi.

 

Tahap kedua dilakukan dengan cara mengganti total air, akan tetapi ketika mengambil ikan saat penggantian air total ini, jangan lupa untuk mengambil sekalian airnya.

 

Tujuanya agar ketika ikan cupang memasuki air yang bener-bener baru, air sedikit dari air yang lama tadi akan barcampur dengan air baru dan ini akan menjadikan ikan cupang tidak stres serta mudah beradaptasi dengan air baru.

 

Kedua tahap penggantian air ini, pada umumnya dilakukan rutin setiap 3 atau 4 hari sekali, jadi misalnya 3 hari sifon kotoran, 3 hari berikutnya ganti total, dan begitu seterusnya.

 

  • b. Air Dengan Tambahan Daun Ketapang

 

cara merawat ikan cupang agar cepat besar

 

Memelihara ikan cupang di air yang ada ketapangnya memang menjadikan keutuhan warna tidak terlihat layaknya memelihara di air jernih.

 

Akan tetapi dengan memelihara ikan cupang dengan tambahan daun ketapang ini memiliki banyak manfaat, dan contoh manfaatnya adalah penggantian air bisa lebih lama bila dibandingkan dengan pemeliharaan di air jernih.

 

Sebagai contoh, jika pemeliharaan ikan cupang di air jernih penggantian air 3 hari sekali, air dengan daun ketapang bisa lebih lama untuk diganti, yakni seminggu sekali dengan cara yang sama seperti dijelaskan tadi.

 

Itu karena daun ketapang menyerap racun yang ada di air, selain itu tentunya dengan tambahan daun ketapang ini warna ikan cupang akan semakin tajam.

 

Seperti itulah 2 cara merawat ikan cupang agar warnanya bagus, bisa juga menjemur ikan cupang kalian dipagi hari sekitar 5-10 menit ( perhatikan saat menjemur ) karena air dan juga ikan juga membutuhkan cahaya matahari.

 

Selain itu, penambahan garam ikan juga penting karena dengan tambahan garam ini air menjadi semakin tahan terhadap bakteri jahat.

 

 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *