Cara Merawat Ikan Cupang Dengan Daun Ketapang

Cara Merawat Ikan Cupang Dengan Daun Ketapang, penjualcupang.com | Pada tulisan kali ini penulis yakin kalian sudah tahu persis manfaat daun ketapang, makanya kalian ingin mencoba memelihara ikan cupang dengan menggunakan daun ketapang.

 

manfaat daun ketapang untuk ikan cupang

 

Ada 2 cara yang penulis praktekan selama bertahun – tahun, kedua cara ini ada kelebihan dan bahkan ada efek samping dari daun ketapang tersebut.

 

Penulis berharap setelah kalian mengetahui kedua cara ini, kalian bisa memilih mana yang cocok kalian praktekan, lalu apa sajakah 2 cara merawat ikan cupang dengan daun ketapang tersebut, yuk simak selengkapnya.

 

2 Cara Merawat Ikan Cupang Dengan Daun Ketapang

 

  • Membuat Ekstrak Daun Ketapang

 

Yang pertama adalah dengan mengekstrak daun ketapang terlebih dahulu sebelum digunakan untuk merawat ikan cupang.

 

Kelebihan cara yang pertama ini adalah air bisa kita atur tingkat kecoklatanya, jadi dengan kelebihan ini kita masih bisa melihat dengan jelas warna ikan cupang.

 

Kelebihan yang selanjutnya adalah air dan wadah terlihat bersih, setiap kotoran ikan cupang yang ada di dasar akan terlihat dengan begitu bisa kita ssegera membersihkanya atau mensifonnya.

 


Pengganti Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang


 

Yang menarik dari cara pertama ini adalah jika kalian malas membuat ekstrak atau memang di daerah kalian tidak ada pohon ketapang maka bisa kalian beli di toko online.

 

 

Sedangkan kekurangan dari cara ini menurut pribadi penulis adalah daya serap racun dari kotoran ikan kurang, walhasil kita musti sering mensifonya.

 

Bahkan menurut pengalaman penulis daya tahan tubuh ikan cupang kurang kuat bila dibandingkan dengan cara yang kedua.

 

Lalu apa cara yang kedua? Yuk simak selengkapnya…..

 

  • Dengan Langsung Memasukan Daun Ketapang Kering

 

Cara merawat ikan cupang dengan daun ketapang selanjutnya adalah dengan langsung memasukan daun ketapang kering pada wadah ikan cupang.

 

Kelebihan cara ini adalah ikan lebih nyaman, karena seperti kita ketahui bahwasanya ikan cupang sering membuat sarang gelembung.

 

Dengan langsung memasukan daun ketapang, menjadikan daun ketapang yang masih di permukaan air akan menjadi media membuat sarang gelembung oleh ikan cupang.

 

Selain itu, setelah beberapa hari daun ketapang mulai tenggelam maka tetap akan memberi dampak positif pada ikan cupang, yakni daun ketapang yang tenggelam tersebut menjadi penyerap racun dari kotoran ikan cupang.

 

Kebalikan dari cara yang pertama, dengan langsung memasukan daun ketapang ke wadah ikan cupang akan menjadikan durasi penggantian air menjadi semakin lama bila dibandingkan dengan cara yang pertama.

 

Seperti penulis singgung di awal, cara yang kedua ini akan menjadikan daya tahan ikan cupang sedikit lebih kuat bila dibandingkan dengan cara yang pertama.

 

Meski begitu, kekurangan dari cara ini adalah wadah terlihat kurang bersih dan jika terlalu lama daun ketapang terendam akan menjadikan bau pada air ikan cupang.

 

Itulah dua cara memelihara ikan cupang dengan daun ketapang lengkap dengan kekurangan dan kelebihanya, jika kamu masih ingin melanjutkan memelihara ikan cupang dengan daun ketapang, maka tulisan ini bisa menjadi bahan pertimbangan.

 

Saran Penulis : Pilihlah daun ketapang yang tidak berminyak, atau jika memang berminyak sebaiknya diolah terlebih dahulu.

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.