Cara Merawat Ikan Cupang Kuncup

Cara Merawat Ikan Cupang Kuncup, penjualcupang.com | Kenapa ekor cupang kuncup? Jawabanya dari banyak faktor, seperti misalnya karena cuaca ekstrime atau biasanya karena musim hujan.

 

Selain itu yang menyebabkan ekor ikan cupang kuncup adalah karena faktor makanan, yang paling sering penulis amati adalah karena makan jentik nyamuk yang sudah tua atau jentik kepala bagol.

 

Tak hanya itu, kondisi air yang sudah lama tidak diganti juga salah satu penyebab ikan cupang ekornya tidak bisa dikembangkan alias kuncup.

 

Terlalu lama ikan cupang terpapar sinar matahari juga faktor lain ikan cupang jadi kuncup. Sebenernya beberapa alasan yang menjadikan ikan cupang ekornya kuncup, sudah pernah penulis bahas pada tulisan sebelumnya ” Cara Mengatasi Ekor Ikan Cupang Kuncup

 

Nah pada kesempatan kali ini, merupakan metode lain yang ampuh juga untuk menyembuhkan dan cara merawat ikan cupang kuncup.

 

Cara Merawat Ikan Cupang Kuncup

 

Cara Merawat Ikan Cupang Kuncup

https://www.majalahikan.com/

 

Cara yang akan kalian lihat ini cukup sederhana, karena tidak menghasurkan menjemur ikan cupang, selain itu cara ini juga bisa menyembuhkan ikan cupang yang lesu bahkan tidak banyak gerak alias diam.

 

Apa saja langkah-langkahnya?

 

Persiapan Alat dan Bahan

 

  • 1. Siapkan Wadah

 

Wadah untuk mengobati ikan cupang yang ekornya kuncup ini apa saja, yang penting jangan besar-besar. Kalau penulis biasanya menggunakan toples kecil, misalnya bekas toples sosiz.

 

  • 2. Siapkan Daun Ketapang

 

Yang perlu temen-temen siapkan selanjutnya adalah daun ketapang kering, jika temen-temen kesulitan untuk mencari daun ketapang kering, usahakan untuk membeli ekstrak daun ketapang kering.

 

  • 3. Siapkan Garam Ikan

 

Dalam pengobatan ikan cupang yang ekornya kuncup ini, penulis hanya menyarankan garam ikan, bukan garam dapur.

 

Langkah – Langkah Mengobati Ekor Ikan Cupang Kuncup

 

Isi wadah dengan air yang sudah diendapkan, sedikit saja kira-kira setengah jari orang dewasa. Masukan garam sedikit dan 1 lembar daun ketapang kering. Biarkan sehari hingga air berubah menjadi coklat gelap.

 

Setelah air ekstrak daun ketapang siap, maka langkah selanjutnya memindahkan ikan cupang yang ekornya kuncup ke-ekstrak tadi.

 

Biarkan selama 2 hari dan jangan dikasih makan, jika selama 2 hari sudah mendingan, kalian boleh membuat ramuan yang sama dan pindahkan lagi ikan ke ramuan yang baru.

 

Kalau penulis kadang masih belum memberi makan, akan tetapi jika kalian ingin memberi makan usahakan jentik nyamuk kisaran 1-2 ekor.

 

Dan biarkan lagi selama 2 hari, setelah 2 hari insyallah sembuh dan kalian boleh menyandingkanya dengan ikan cupang lain untuk merangsang ikan agar ngedok.

 

Oke itulah cara merawat ikan cupang kuncup bagian ke dua versi penjualcupang, semoga ikan kalian sembuh ya.

 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *