Ciri Ciri Ikan Cupang Hias Yang Mudah Dikenali

Ciri Ciri Ikan Cupang Hias, penjualcupang.com | Secara garis besar jenis ikan cupang dikelompokan menjadi 3 jenis. Jenis ikan cupang hias, jenis ikan cupang aduan dan jenis ikan cupang alam.

 

Dari ketiga jenis ini yang paling banyak pengembanganya adalah ikan cupang hias, meskipun ikan cupang aduan juga dikembangkan, akan tetapi berbeda tujuan.

 

 
 

Umumnya pengembangan ini dengan mengkawin silangkan ikan cupang, jika ikan cupang hias kawin silang bertujuan untuk memiliki daya tarik yang lebih menarik, mulai dari warna hingga formnya.

 

Sedangkan kawin silang ikan cupang aduan bertujuan utuk menemukan kualitas gaya tarung yang sempurna, mulai dari cara ikan menghindar, menyerang atau memukul dan lain sebagainya yang  berhubungan dengan pertarungan.

 

Karena sama-sama dikembangkan dan juga di pasaran ikan hias juga banyak penjualanya, terkadang untuk pemula kesulitan membedakan ikan cupang hias dan cupang adu.

 

Untuk itu, berikut ini adalah ciri ciri ikan cupang hias yang bisa membuat temen-temen mudah untuk membedakanya dengan ikan cupang aduan.

 

2 Ciri Ciri Ikan Cupang Hias Yang Mudah Dikenali

 

  • Lihatlah Ekor Ikan Cupang

 

Ciri Ciri Ikan Cupang Hias

By https://www.majalahikan.com/

 

Ada banyak jenis ikan cupang dilihat dari segi ekornya, ada yang pendek, ada yang panjang. Contoh ikan cupang hias yang ekornya pendek adalah PLAKAD, HMPK. Sedangkan jenis ikan cupang yang ekornya panjang banyak, seperti misalnya HALFMOON, DOUBLE TAIL, ROSE TAIL, SERIT atau CRWONTAIL dan masih banyak lagi.

 

Nah jika temen-temen melihat ikan cupang memiliki ekor panjang dan panjang ekornya hampir sama panjangnya dengan badanya, itu berarti ikan cupang hias.

 

Itu karena tidak ada ikan cupang aduan yang memiliki ekor panjang, itu karena tujuan dari pengembangan ikan cupang aduan adalah bertarung, makanya tidak ada yang mengkawin silangkan aduan dengan ikan cupang yang memiliki ekor panjang.

 

  • Lihat Warna Ikan Cupang

 

Ciri Ciri Ikan Cupang Hias Nemo

 

Untuk mengetahui ciri ciri ikan cupang hias selanjutnya adalah dengan mengamati warnanya, warna ikan cupang hias beragam dan cerah.

 

Jadi jika temen-temen melihat ikan cupang dimana saja, ketika warna badan, sirip dan ekornya cerah itu berarti ikan cupang hias.

 

Karena tidak ada ikan cupang aduan yang memiliki warna cerah, karena pengembangan cupang adu hanya untuk diadu bukan untuk dinikmati warnanya.

 

Kecuali cupang adu bagan api, cupang jenis ini memiliki warna merah layaknya ikan cupang hias plakat super red, akan tetapi kedua jenis ini bisa kita kenali dengan melihat ekornya.

 

Jika ekornya bulat dan kecil, itu berarti ikan cupang aduan bagan api, jika ekornya ketika ngedok bisa bertemu dengan sirip atas dan bawah, itu berarti ikan cupang super red.

 

 
 

Hanya dengan melihat dua ciri ciri ikan hias ini, kamu bisa membedakan dengan ikan cupang aduan.

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *