Ciri Ciri Ikan Cupang Tidak Jodoh Dan Berjodoh

Ciri Ciri Ikan Cupang Tidak Jodoh, penjualcupang.com | Selamat datang di blog khusus yang membahas ikan cupang betta lovers semuanya. Admin tau kenapa temen-temen semua menemukan blog ini, karena sedang bingung bukan?

 

Ok, selamat buat temen-temen semua ya, kerena masih gigih dan semangat mencari solusi untuk keberhasilan membudidayakan ikan cupang.

 

 


Berapa Banyak Telur Ikan Cupang Itu?
Ciri Ciri Gelembung Ikan Cupang Yang Sudah Ada Telurnya
Ciri Ciri Telur Ikan Cupang Yang Gagal Menetas


 

Memang mengawinkan ikan cupang itu tidak semudah membalikan telapak tangan, akan tetapi semoga dengan tulisan ini, temen-temen terbantu. Khususnya yang lagi mencari informasi ciri ciri ikan cupang tidak jodoh dan ciri-ciri ikan cupang berjodoh.

 

Ciri Ciri Ikan Cupang Tidak Jodoh ( Anggapan-Anggapan Yang Tidak Pasti)

 

Gambar Ciri Ciri Ikan Cupang Tidak Jodoh 1

 

Ikan cupang jantan dan betina berantem saat pemijahan yang dianggap banyak orang merupakan salah satu ciri ikan cupang nggak bakalan kawin atau nggak jodoh, sebenernya bukan patokan pasti.

 

Ikan cupang jantan nggak mengeluarkan buih atau membangun sarang gelembung saat penjodohan juga salah satu alasan yang banyak digembar-gemborkan sebagai tanda ikan cupang nggak mau kawin atau nggak jodoh. Itupun sebenernya bukan pengamatan yang selalu pasti benar adanya.

 

Umur ikan cupang kurang dari 5 bulan, baik jantan maupun betina juga satu kesimpulan yang banyak diyakini para pemain ikan cupang bahwa itu adalah salah satu ciri ikan cupang tidak jodoh.

 

Itu adalah 3 alasan kenapa ikan cupang tidak mau kawin yang banyak diyakini oleh para betta lovers…tapi apakah semuanya benar?

 

Ada benarnya ada juga nggaknya…..

 

Yuk kita lihat lebih detail masalah ini dan kita kupas satu per satu 3 alasan di atas……

 

 

Ciri Ciri Ikan Cupang Tidak Jodoh Dan Ciri Ciri Ikan Cupang Berjodoh # alasan pertama #

 

Gambar Ciri Ciri Ikan Cupang Tidak Jodoh

 

Ikan cupang jantan menghajar, mengejar-mengejar, mematok ikan cupang betina dan masih banyak lagi yang sifatnya adalah perkelahian, bukanlah satu alasan ikan cupang tidak jodoh.

 

Ada dua kemungkinan dari berantemnya ikan cupang jantan dan betina ini ( saat pemijahan )….

 

Kemungkinan pertama : JODOH atau KAWIN

 

Kemungkinan kedua : TIDAK JODOH atau TIDAK KAWIN

 

Kita lihat yang pertama, yakni alasan kenapa meskipun berantem mereka berjodoh. Pada dasarnya ikan juga sama saja dengan manusia, baik jantan maupun betina.

 

Ikan cupang jantan membuat sarang gelembung saat pemijahan, selain naluri juga adalah salah satu rayuan untuk menarik perhatian ikan cupang betina ( menunjukan bahwasanya mampu menetasakan telur dan merawat sang anak/burayak nantinya ).

 

Mengejar dan berantem juga merupakan satu rayuan atau unjuk gigi pada ikan cupang betina bahawasanya sang jantan ini perkasa, dan akan mampu menjaga telur dan anak/burayak dari predator nantinya.

 

Selain itu, aksi kejar-kejaran ini juga merupakan sebuah ajakan sang jantan pada betina untuk segera berada di bawah sarang gelembung dan akhirnya kawin.

 


Kebanyakan para betta lovers yang baru mengawikan pertama kali, melihat aksi ikan cupang jantan dan betina yang berantem ini menganggap mereka tidak berjodoh, dan akhirnya mengambil ikan cupang betina. Padahal ibarat manusia proses ini adalah proses pendekatan atau rayuan.


 

Jika ikan cupang betina memang full telur, meskipun ikan cupang jantan mematok, menghajar bahkan mengejar-ngejar….akhirnya ( logikanya ) mereka akan kawin.

 

Jadi untuk menyikapi ini, alangkah baiknya untuk menunggu proses ( berantem ) setelah pelepasan betina ini 1-2 hari, jangan buru-buru ikan cupang betina diangkat.

 

Sekarang kita akan melihat alasan yang kedua, yakni berantem ini adalah alasan atau ciri ciri ikan cupang tidak jodoh.

 

Perkelahian yang tidak jodoh  (umumnya) ikan cupang betina lebih besar postur tubuhnya dibanding ikan cupang jantan.

 

Perkelahian yang tidak jodoh  (umumnya) ikan cupang betina posturnya terlalu kecil ( takut ) tapi bukan berarti kurang umur.

 

Perkelahian yang tidak jodoh  (umumnya) ikan cupang betina belum full telur.

 

Itulah beberapa alasan kenapa cupang jantan dan betina saling patok atau kejar-kejar bahkan berantem merupakan salah satu ciri ciri ikan cupang tidak jodoh.

 

Untuk itu, sebaiknya agar lebih mempercepat proses perkawinan, pilihlah ikan cupang betina yang size-nya tidak lebih besar dibanding ikan cupang jantan.

 

Kawinkan ikan cupang betina yang ukuranya seimbang, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan ikan cuang jantan. Kawinkanlah ikan cupang betina yang sudah full telur dan sudah matang telur.

 

 

Ciri Ciri Ikan Cupang Tidak Jodoh Dan Ciri Ciri Ikan Cupang Berjodoh # alasan kedua #

 

Gambar Ciri Ciri Ikan Cupang Tidak Jodoh 2

Ikan cupang jantan tidak membuat sarang gelembung saat penjodohan, benarkah ini juga tanda ikan cupang tidak jodoh?

 

Bisa benar bisa nggak…..Ada dua kemungkinan dari tidak membangunya sarang gelembung ikan cupang jantan ini ( saat pemijahan )….

 

Kemungkinan pertama : JODOH atau KAWIN

 

Kemungkinan kedua : TIDAK JODOH atau TIDAK KAWIN

 

Pertama, meskipun jantan tidak membangun sarang buih saat penjodohan, mereka tetep akan kawin. Dengan catatan ikan cupang jantan sehat dan betina full telur dan matang telur.

 


Kebanyakan betta lovers yang beru pertama mengawinkan ikan cupang, ketika melihat ikan cupang jantan tidak berbuih saat penjodohan akan segera menyimpulkan mereka tidak akan jodoh. Bahkan banyak juga yang masih menunggu hingga berhari-hari untuk melihat gelembung sang jantan sebelum betina dilepaskan atau disatukan.


 

Jantan sehat dan betina full telur, meskipun tidak ada buih saat penjodohan ketika ikan cupang disatukan ( umumnya ) akan terjadi perkawinan atau mereka jodoh.

 

Kedua, jantan tidak membangun sarang buih saat penjodohan merupakan tanda mereka tidak jodoh atau tidak akan kawin, apa alasanya?

 


Alasan yang paling umum adalah ikan cupang jantan kurang sehat dan para betta lovers baru tidak memperhatikan gejalanya dan terburu-buru mengawinkanya, maka jantan tidak membuat buih.


 

Cupang Tidak Jodoh Dan Ikan Cupang Berjodoh # alasan ketiga #

 

Gambar akuarium ikan cupang

Umur ikan cupang kurang dari 5 bulan apakah sebuah tanda ikan cupang jodoh atau tidak? yuk lihat lebih jelasnya…..

 

Apakah temen-temen tau umur ikan cupang yang sudah terpajang di rak-rak toko ikan hias?

 

Apakah ketika temen-temen membelinya lalu dikawinkan mereka semua tidak kawin?

 

Jika kondisi ikan tersebut sehat, maka akan kawin….

 

Lalu sebenernya berapa umur ikan cupang yang ada di toko-toko ikan hias itu? Bervariasi,,,dan kebanyakan kurang dari 5 bulan.

 

Bagaimana kita tau kalau umurnya kurang dari 5 bulan?

 

Kebanyakan petani ikan cupang akan memanen dan memasukan ikan cupang ke botol diumur 2 bulan, dengan tujuan supaya ikan cepat besar dan menghindari perkelahian serta untuk efisiansi kolam ( mengisi burayak baru ).

 

Tujuan utamnya adalah cepat besar, nah ikan dalam botol itu hanya butuh waktu 1 bulanan untuk siap jual. Jadi umur ikan cupang yang ada di toko ikan hias,,,,umurnya kurang-lebih 3-4 bulan.

 

Jadi umur 5 bulan bukan ciri-ciri ikan cupang tidak jodoh, karena ketika betta lovers membelinya lalu mengawinkanya mereka akan kawin ( ikan sehat, full telur ).

 

Beda lagi jika temen-temen menginginkan kualitas ikan, maka umur ikan cupang yang dikawinkan sebaiknya yang umurnya 5 bulan up.

 

Nah itulah 3 ciri ciri ikan cupang tidak jodoh dan ciri ciri ikan cupang berjodoh.

 

Kami melayani penjualan ikan cupang di seluruh Indonesia, silahkan kontak kami  di nomer WA 085712733597

 

#salam ngedok#

#salam mekrok#

Ahmad NH

Artikel Terkait

One Response to “Ciri Ciri Ikan Cupang Tidak Jodoh Dan Berjodoh”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *