Cupang Jantan Ada Titik Putih

Cupang Jantan Ada Titik Putih, penjualcupang.com | Cara membedakan ikan cupang jantan dan betina memang sulit jika kita baru nyemplung di dunia percupangan.

 

Banyak cara untuk bisa memastikan ikan cupang kamu jantan atau betina, diantaranya dengan melihat dasi ikan cupang, sirip ikan cupang dan lain-lain.

 

Jika dirasa semua cara masih membuat bingung, jurus terakhir yang paling ampuh adalah dengan melihat bintik putih kecil yang ada diantara sirip bawah dan dasi ikan cupang atau di bawah perut ikan cupang tersebut.

 

Jika ada bintik putihnya itu berarti ikan cupang betina, ini pasti betina karena telur ikan cupang betina dikeluarkan
lewat bitik putih tersebut. Dan bintik putih tersebut adalah ovipositor.

 

 

Meski begitu tak jarang ada juga ikan cupang yang semua ciri-cirinya cocok dengan ciri-ciri ikan cupang jantan, akan tetapi ada bintik kecil berwarna putih juga di bawah perutnya…apakah ini bener-bener ikan cupang jantan, atau ikan cupang betina.

Dari masalah ini, penjualcupang.com mencoba menjelaskan pada kawan-kawan semua agar tidak bingung lagi, tentunya dengan penjelasan sederhana dan dengan contohnya

 

3 Cara Membedakan Cupang Jantan Ada Titik Putih di Bawah Perutnya dengan Ikan Cupang Betina

 

Ada 3 cara untuk menentukan hasil akhir ikan cupang yang memiliki titik putih ini apakah jantan atau betina

 

Cara pertama adalah dengan melihat cara ngedoknya ikan cupang tersebut, ikan cupang akan ngedok jika dihadapkan dengan lawan atau cermin.

 

Baik ikan cupang jantan maupun betina ( yang hidupnya tidak dicampur dengan betina lain ) akan marah dan ngedok ketika disandingkan dengan lawan.

 

Ikan cupang jantan dan ikan cupang betina cara ngedoknya berbeda, jika ngedoknya disertai keanggunan, tarian serta rasa percaya diri itu berarti ikan cupang jantan, meskipun ada titik putih di bawah perutnya.

 

 

Ikan cupang betina ketika marah atau ngedok cenderung monoton, hanya terlihat membukan insangnya saja tanpa ada seni ngedok seperti ikan cupang jantan yang admin sebutkan tadi.

 

Cara kedua untuk menentukan jantan atau betina ikan cupang yang ada bintik putih di bawah perutnya adalah dengan melihat ikan cupang tersebut dari atas.

 

Ketika menyortir ikan cupang admin tidak harus melihat titip putih di bawah perutnya, karena ikan cupang jantan dan betina bisa kita bedakan ketika kita melihat dari atas.

 

 

Biasanya ikan cupang jantan akan lurus dari kepala hingga ekor, akan tetapi jika ikan cupang betina posturnya lebih
gendut atau gemuk.

 

Jadi meski ikan ini memiliki titik putih di bawah perutnya, sudah masuk botol itu artinya 99% yang admin sortir adalah ikan cupang jantan.

 

Cara yang terakhir adalah dengan mengamati titik putih tersebut, jika kecil dan hanya bisa dilihat ketika dalam posisi tertentu, misal dari bawah atau dari belakang baru bisa terlihat, itu artinya ikan cupang jantan.

 

Akan tetapi jika titik putih tersebut terlihat menonjol sekali dan bisa kita amati baik dari samping, bawah maupun belakang itu berarti ikan cupang betina.

 

 

Itulah 3 cara untuk menentukan jantan atau betina ikan cupang yang ada titik putih di bawah pertunya…..

 

Jika temen-temen bertanya….dengan pertanyaa : jika titik putih tersebut adalah jalan untuk keluar telur,
lalu untuk apa jika titik putih tersebut kalau ada di ikan cupang jantan….

 

Sejauh ini admin masih belum menemukan jawaban dari pertenyaan tersebut, untuk itu jika temen-temen tau kenapa jantan juga memiliki titik putih tersebut silahakn bagikan pengetahuan kalian di kolom komentar.

Ahmad NH

Artikel Terkait

2 Responses to “Cupang Jantan Ada Titik Putih”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *