Ikan Cupang Baru Beli Tidak Mau Makan, Ini Tipsnya

Ikan Cupang Baru Beli Tidak Mau Makan, penjualcupang.com | Hal semacam itu sangat umum terjadi, karena salah dalam penanganan pada ikan cupang yang baru sampai tersebut.

 

Selain itu, pada dasarnya yang dibutuhkan ikan cupang untuk pertama kali setelah ikan cupang yang baru kita beli sampai ke tangan kita adalah bukan makanan.

 

Lalu apa?

 

Silahkan pelajari penjelasan singkat di bawah ini dan semoga setelah kalian membacanya ikan cupang baru beli tidak mau makan jadi sehat dan mau makan.

 

Ikan Cupang Baru Beli Tidak Mau Makan, Penanganan Yang Bener Sebelum Diberi Makan

 

Gambar Ikan Cupang

 

Salah penanganan ikan cupang yang baru sampai bisa berujung ikan cupang tersebut stres, tidak mau makan, bahkan bisa jadi ikan cupang yang baru beli tersebut mati.

 

Artekel ini menjelasakan cara merawat ikan cupang baru beli atau baru sampai agar tetap dalam kondisi sehat, mau makan makanan yang kita berikan dan akhirnya bisa menemani hari-hari kita nantinya.

 

Ada 3 langkah penanganan pertama sebelum kita memberi makan ikan cupang yang baru sampai, dan berikut adalah 3 lagkah-langkah yang musti temen-temen lakukan.

 

  • Langkah Pertama Adalah Menyiapkan Air

 

Setelah temen-temen mengetahui ikan cupang temen-temen dikirim oleh penjual dan temen-temen sudah menerima resi pengiriman ikan cupang dari penjual, maka segeralah menyiapkan air.

 

Air Untuk Ikan Cupang

 

Kenapa harus menyiapkan jauh sebelum ikan cupang temen-temen sampai?

 

Karena untuk menghindari stres pada ikan cupang nantinya, bahkan bisa meminimalisir kematian, terlebih jika temen-temen menggunakan air berkaporit atau air PDAM.

 

Penyiapan air sedini mungkin ini akan membantu mengendapkan zat-zat dalam air yang bisa membahayakan
ikan cupang.

 


Air Untuk Burayak Cupang Agar Tidak Mati


 

  • Langkah Kedua Adalah Menyamakan Suhu Air

 

Selain kandungan air yang bisa membahayakan ikan cupang, suhu air merupakan salah satu penyebab ikan cupang yang baru temen -temen beli mengalami stres, tidak mau makan yang akhirnya menyebabkan kematian.

 

 

Untuk itu setelah kita buka box pengiriman atau temen – temen uboxing, maka masukan ikan cupang tersebut bersamaan dengan plastik pembungkusnya, diamkan kurang lebih 30 menit agar suhu air dari pengiriman dengan suhu air yang baru sama.

 

  • Langkah Ketiga Adalah Merendahkan pH air

 

Untuk langkah ketiga ini biasanya penulis memberinya daun ketapang kering, karena menurut penulis, meski penulis sendiri belum pernah mengukurnya dengan alat ukur pH, penambahan daun ketapang ini akan menjadikan kadar pH air rendah.

 

 

Setelah 30 menit masih dalam keadaan terbungkus plastik dan berada di soliter, maka bisa temen – temen lepaskan ikan cupang dan biarkan dia berkeliling ke seluruh area tempat barunya.

 

Apakah 3 tips tersebut berlaku juga untuk ikan cupang yang tidak dari pengiriman atau ikan cupang yang kita beli secara ofline?

 

Ya, tentunya dengan menerapkan 3 tips cara merawat ikan cupang yang baru sampai tersebut akan menjadikan
ikan tenang, mudah beradaptasi dan akhirnya sehat.

 

Apakah kita bisa langsung memberi makan setelah kita aplikasikan 3 langkah tersebut?,,,,sebaiknya jangan langsung
diberi makan, karena yang dibutuhkan ikan saat itu adalah penyesuaian habitat barunya dulu.

 

Setelah beberapa jam kita lihat ikan cupang tersebut sehat dan lincah, baru kita bisa memberinya makan. Pemberian makan ini juga sedikit saja dan yang paling penulis sarankan adalah jentik nyamuk.

 

Lalu bagaimana jika ikan cupang tersebut terlanjur tidak mau makan?

 

Saran penulis adalah dengan menurunkan ketinggian air, beri daun ketapang dan biarkan dulu selama sehari jangan beri makan.

 

Setelah sehari lihat kondisinya, jika sudah agak seger, beri 1-2 ekor jentik nyamuk dan biarkan masih di wadah tersebut.

 


Jentik Nyamuk Bungkuk Untuk Cupang


 

Jika keesokan harinya sudah semakin seger, maka tambhakan ketinggian air dan beri jentik nyamuk lagi 1-2 ekor saja.

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.