Ikan Cupang Betina Siap Kawin, Inilah Ciri-Cirinya

Ikan Cupang Betina Siap Kawin, penjualcupang.com | Keberhasilan dalam mengawinkan ikan cupang dibutuhkan pengetahuan tentang kesiapan calon induk, baik ikan cupang jantan maupun yang betina.

 


Kami melayani penjualan ikan cupang ke seluruh Indonesia, silahkan kontak kami di nomer WA 085712733597 atau IG cupang_ahmad


 

Kesiapan ini meliputi 3 hal, yang pertama faktor umur ikan cupang baik jantan maupun betina dan yang kedua faktor telur yang ada di dalam perut ikan cupang betina dan yang terakhir faktor kesehatan.

 

Tidak cukup hanya mengetahui sekilas, atau hanya mengetahui satu dari 3 faktor tadi, lalu langsung mengawinkan ikan cupang, karena keberhasilan budidaya ikan cupang akan jauh dari harapan.

 

Akan tetapi, kali ini admin hanya akan mengulas khusus untuk ikan cupang betina yang bisa dikawinkan dan yang akan menunjang keberhasilan budidaya ikan cupang betta lovers semuanya.

 

3 Ciri Ciri Ikan Cupang Betina Siap Kawin

 

Gambar Ikan Cupang Betina Siap Kawin

 

Mari kita lihat lebih dalam dengan penjelasan yang mudah untuk dipahami 3 faktor ini.

 

  • 1. Umur Ikan Cupang Betina

 

Umur ikan adalah kunci dalam keberhasilan ternak ikan cupang, kurangnya umur dalam pemijahan akan menjadikan burayak kurang optimal, baik dari segi kesehatan maupun dari banyak sedikitnya yang bisa bertahan hidup nantinya.

 

Lalu berapa umur ikan cupang betina yang ideal untuk bisa dikawinkan?

 

Gambar Ikan Cupang Betina Nemo Leopard

 

5 bulan up atau lebih….

 

Dengan umur yang sudah dewasa, tentunya selain memiliki telur yang banyak juga akan mudah untuk dikawinkan. Pasalnya, betina yang sudah dewasa tidak banyak membutuhkan cara bagi ikan cupang jantan untuk menaklukan dalam pelukanya.

 

Seperti kita ketahui, cara kawin ikan cupang itu adalah ikan cupang jantan memeluk atau melilit ikan cupang betina, kedewasaan yang dimiliki ikan cupang betina ini sangat dibutuhkan.

 

Karena kalau ikan cupang belum dewasa, umumnya banyak terjadi kejar–kejaran bahkan tak jarang betina dihajar habis-habisan hingga lemas berdiam di sudut wadah pemijahan yang akhirnya membuat pemijahan gagal.

 

Meskipun ikan cupang betina yang sudah berumur juga terjadi kejar kejaran, akan tetapi makna kejar kejaran ini berbeda dengan ikan cupang betina yang belum berumur.

 

Lalu bagaimana cara mengetahui umur ikan cupang sudah 5 bulan lebih?

 

Ada banyak cara untuk bisa mengenali umur ikan cupang….

 

Yang pertama, jika betta lovers beru kali ini ingin mengawinkan ikan cupang, maka sebelumnya bertanyalah pada penjual ikan cupangnya.

 

Apakah penjual ikan cupang di toko ikan hias atau pasar ikan hias tau umur ikan tersebut? Relatif,,,,ada yang tau ada juga yang tidak tau.

 

Lalu?

 

Umumnya petani ikan cupang akan menjual ikan cupang pada sales ketika ikan cupang sudah berumur 3 bulan atau lebih sedikit.

 

Nah jika penjual ikan cupang tersebut tidak tau kira2 nya, jika kamu suka dengan jenis dan warna ikan cupang tersebut dan merasa ingin membudidayakanya, maka belilah dan rawatlah dengan baik selama 1 – 2 bulan sebelum dikawinkan.

 

Karena seperti disebutkan tadi, ikan cupang sampai ke toko ikan hias maupun pasar ikan hias umumnya berumur 3 bulan.

 

Jika betta lovers membeli ikan cupang secara online ( teliti sellernya, karena banyak terjadi penipuan ) tanyakan saja secara langsung umur ikan cupang betina tersebut.

 

Jika kamu tidak yakin dengan apa yang disebutkan oleh penjual, maka berikut adalah standar ukuran ikan cupang serta umurnya yang bisa kamu perhatikan.

 

no Size atau Ukuran Panjang ( dari ujung kepala hingga ujung ekor ) Umur
1 Size S 2,5 cm – 3 cm 3-4 bulan
2 Size S+ 3 cm – 3,4 cm 4-5 bulan
3 Size M 3,5 cm – 4,4 cm 5-6 bulan
4 Size M+ 4,5 cm – 5,4 cm 6-8 bulan
5 Size L 5,5 cm – 6 cm 8 bulan up

 


Kami melayani penjualan ikan cupang ke seluruh Indonesia, silahkan kontak kami di nomer WA 085712733597 atau IG cupang_ahmad


 

  • 2. Telur Yang Ada di Dalam Perut Ikan Cupang Betina

 

Gambar Telur Ikan Cupang

 

Setelah betta lovers mengetahui ciri ciri ikan cupang betina siap kawin bagian pertama, sekarang kita akan melihat ciri ciri yang kedua.

 

Telur ikan cupang yang ada di dalam perut ikan cupang betina sangat penting untuk diperhatikan sebelum mengawinkan ikan cupang.

 

Banyak para pelajar terjebak dengan kondisi perut ikan cupang betina yang buncit atau besar yang dikiranya adalah telur.

 

Ikan cupang betina secara naluri dan kebutuhan, cenderung memakan lebih banyak makanan yang diberikan daripada ikan cupang jantan.

 

Bahkan admin sendiri kaget ketika melihat testing yang dilakukan oleh youtuber yakni….berapa banyak pakan yang bisa dihabiskan oleh ikan cupang betina, karena untuk ukuran semungil itu, mampu menghabiskan 100 ekor jentik nyamuk lebih.

 

Nggak percaya???…berikut adalah vidionya

 

 

Besarnya perut bukan berarti itu adalah telur, bisa jadi perut buncit itu disebabkan oleh pakan yang diberikan. Untuk mengetahui kejelasanya apakah itu telur atau pakan, maka puasakan sehari.

 

Jika tetap buncit, maka itu telur dan jika terjadi penyusutan yang drastis dalam puasa sehari itu, maka jelas itu adalah pakan.

 

Ciri ciri ikan cupang betina siap kawin, selian perut penuh dengan telur..titik putih di bawah perutnya ini semakin menonjol.

 

Selain itu, umumnya untuk ikan cupang yang berwarna gelap ada garis-garis memudar ( putih ) horisontal di daerah perut tersebut.

 

Dari kedua ciri ciri ikan cupang betina siap kawin tersebut ( umur dan perut penuh telur )  hanya dalam hitungan jam saja setelah menyatukan antara jantan dan betina, maka akan kawin.

 

Tips penting :


Untuk mempercepat pengisian telur ikan cupang betina, cara merawatnya adalah dengan penggantian air sebanyak 30% dalam sehari dan pemberian pakan berupa jentik nyamuk 3 kali dalam sehari.


 

  • 3 Faktor Kesehatan

 

Gambar Cara Merawat Ikan Cupang Betina

 

Sebenernya hanya dengan melihat kedua ciri ciri ikan betina siap kawin di atas sudalah cukup, selain kualitas burayak lebih kuat, juga banyak burayaknya karena banyak telurnya ( jika kamu praktekan tips di atas ).

 

Nah, faktor kesehatan ikan betina ini bukanlah bagian dari ciri ciri ikan cupang betina siap kawin. Meski begitu, kesehatan ikan cupang betina sebelum dikawinkan juga tak kalah penting untuk diperhatikan.

 

Banyaknya faktor yang mempengaruhi kegagalan dalam budidaya ikan cupang salah satunya adalah kesehatan ikan, tak jarang ( ikan cupang jantan mati setelah kawin) itu karena faktor kesehatnya kurang fit.

 

Begitu juga ikan cupang betina, jika dia kurang sehat maka kawinpun terasa enggan dan bahkan tidak mau kawin. Meski mau, tak jarang mempengaruhi sedikit banyaknya telur yang dikeluarkan dan bahkan bisa sampai mempengaruhi burayak.

 


Kami melayani penjualan ikan cupang ke seluruh Indonesia, silahkan kontak kami di nomer WA 085712733597 atau IG cupang_ahmad


 

Vidio ciri ciri ikan cupang betina siap kawin

 

# Salam Ngdok #

# Salam Mekrok #

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.