Jentik Nyamuk Bungkuk Untuk Cupang

Jentik Nyamuk Bungkuk, penjualcupang.com | Encuk atau jentik nyamuk merupakan salah satu jenis makanan ikan cupang yang gratis, banyak kita temukan di dekat rumah, biasanya di got-got atau genangan air.

 

Selain geratis makanan ikan cupang yang satu ini sangat banyak manfaatnya buat ikan cupang, baik untuk pertumbuhan ikan cupang remaja, warna ikan cupang mutasi, ekor dan sirip ikan cupang kontes hingga manfaatnya pada ikan cupang cewe’an untuk mendongkrak produksi telur.

 

manfaat jentik nyamuk untuk ikan cupang

 

Meski kaya akan manfaat akan tetapi jentik nyamuk ini juga bisa membahayakan ikan cupang, terlebih jika kita kurang bersih dalam membersihkanya, yang akhirnya menjadikan penyakit buat ikan cupang.

 

Selain itu karena hidupnya di got-got atau genangan air juga tentunya menjadikan jentik nyamuk ini hidup dengan berbagai larva serangga atau larva apa saja yang jika kita tidak tau cara memisahkanya maka, tidak menutup kemungkinan larva ini malah ikut kemakan oleh ikan cupang.

 

Selain itu ada juga satu jentik nyamuk yang sangat berbahaya jika diberikan pada ikan cupang, yakni jentik nyamuk bungkuk.

 

 

Kenapa berbahaya? Yuk simak penjelasanya berikut ini

 

Bahaya Jentik Nyamuk Bungkuk

 

Kenapa jentik nyamuk yang sudah tua ini berbahaya untuk ikan cupang, karena pada proses kehidupan larva nyamuk ini berganti kulit hingga 4 kali.

 

Setiap pergantian tentunya diiringi dengan ukuran jentik, dan pada pergantian kulit yang ketiga inilah jentik sudah tidak disebut jentik sebenernya, akan tetapi disebut dengan pupa.

 

Pada tahap pupa ini bentuknya sudah tidak memanjang menggantung lagi ketika di bawah permukaan air, akan tetapi bentuknya sudah bungkuk.

 

Untuk itulah banyak yang menyebut pupa nyamuk ini dengan sebutan jentik nyamuk bungkuk. Pupa atau jentik bungkuk atau banyak juga yang menyebutnya jentik kepala bagol.

 

Karena dia sudah siap menjadi nyamuk dalam waktu dekat, makanya jentik bungkuk ini kulitnya keras. Karena kerasnya kulit jentik bungkuk ini bisa membuat ikan cupang kesulitan untuk mencerna.

 

Sulitnya mencerna ini bisa menjadikan ikan cupang mati mendadak bisa juga membuat ikan cupang terserang penyakit mematikan, yakni sisik nanas.

 

Untuk itu buat pecinta ikan cupang, sebaiknya hindari jentik nyamuk kepala bagol, jika tercampur dengan jentik nyamuk yang masih muda, lakukan pemisahan dengan sabar.

 

Meski begitu, banyak juga para peternak yang tidak membuang encuk kepala bagol ini, karena salah satu jenis ikan bisa mencerna dengan baik, yakni jenis ikan cupang raksasa atau ikan cupang giant.

 

Itulah sekilas penjelasan bahaya jentik nyamuk bungkuk, jika ada pertanyaan silahkan tuliskan saja di kolom komentar.

 

 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.