Kapan Induk Jantan Dipisahkan Dari Burayak Cupang

Kapan Induk Jantan Dipisahkan Dari Burayak Cupang, penjualcupang.com | Keberhasilan ternak ikan cupang tidak terlepas dari kepandaian ikan cupang jantan mengerami telur serta merawat burayak ikan cupang setelah menetas.

 

Kapan Induk Jantan Dipisahkan Dari Burayak Cupang

 

Tugas ikan cupang jantan ketika merawat burayak salah satunya adalah membantu burayak berenang, ketika burayak jatuh ke dasar maka induk jantan akan memunguti dan mengembalikan burayak ke permukaan air.

 

Akan tetapi sampai kapan sebenernya induk ikan cupang jantan dibiarkan merawat burayak, bahkan banyak kasus induk ikan cupang jantan malah memakan burayaknya.

 

Bolehkah mengambil induk jantan sebelum telur menetas, bolehkan tidak mengambilnya hingga burayak agak besar atau sebenernya pada usia berapa burayak yang direkomendasikan untuk dipisahkan dengan induk jantan.

 

Bagi kalian yang masih bingung kapan induk jantan dipisahkan dari burayak cupang berikut admin paparkan waktu yang paling umum dilakukan oleh para petani ikan cupang.

 

Kapan Induk Jantan Dipisahkan Dari Burayak Cupang, Bolehkan Sebelum Telur Menetas?

 

Burayak Cupang

 

Mengambil ikan cupang jantan sebelum telur ikan cupang menetas tentunya akan sangat beresiko, karena tugas jantan tidak hanya mengerami telur, seperti disinggung di atas, dia juga membantu burayak untuk berenang.

 

Kebanyakan yang menetaskan telur ikan cupang tanpa jantan, memiliki kasus induk ikan cupang jantan mati saat mengerami telur dan banyak juga yang memang bereksperimen kerena penasaran.

 

Selain itu, pengambilan ikan cupang jantan sebelum telur menatas ini umum dilakukan oleh para pemula yang ketakukan karena seringkali induk jantan makan telur-telur.

 

Akan tetapi sangat tidak disarankan untuk mengambil ikan cupang jantan sebelum telur menetas karena para petani yang berpengalaman tidak mungkin melakukan hal semacam ini.

 

Para petani ikan cupang senior tentunya akan mengambil langkah membiarkan insting hewan bekerja dengan sendirinya, karena yang paling tau dalam hal ini adalah ikan cupang jantan.

 

Bolehkan Mengambil Ikan Cupang Jantan Sesaat Setelah Telur Menetas?

 

Telur Ikan Cupang Menetas

 

Sama halnya dengan mengambil jantan sebelum telur menetes, terlalu beresiko. Karena seperti disinggung di atas tugas jantan tidak hanya mengerami telur ikan cupang, melainkan juga mengajari burayak berenang.

 

Tanpa jantan membantu burayak ikan cupang berenang tentunya banyak burayak yang tenggelam dan akhirnya banyak yang mati. Untuk itu mengambil ikan cupang jantan setelah telur menetas ini juga tidak disarankan.

 

Kapan Induk Jantan Dipisahkan Dari Burayak Cupang [ Waktu Yang Direkomendasikan ]

 

Berapa Lama Telur Ikan Cupang Menetas

 

Jika ingin burayak banyak yang hidup, maka pemisahan induk jantan ini haruslah ketika burayak ikan cupang sudah pandai berenang.

 

Lalu kapan dan hari ke berapa burayak ikan cupang sudah pandai berenang dengan sendirinya?

 

4 hari setelah menetas, tanda atau ciri-ciri burayak ikan cupang sudah pandai berenang adalah mereka berada di pemurkaan air dengan sesekali berenang lurus ke depan.

 

Itulah waktu yang paling pas untuk memisahkan induk ikan cupang jantan dengan burayak….bolehkah tidak mengambil induk ikan cupang jantan sampai burayak umur lebih dari seminggu atau bahkan sampai 1 bulan.

 

Sangat tidak disarankan, kenapa?

 

Karena akan menggangu burayak, baik dari pergerakan hingga pakan yang diberikan. Selain itu bisa saja terjadi jantan tetap akan memakan burayak jika stres atau lapar nantinya.

 

Selain itu juga tentunya ikan cupang jantan butuh perawatan untuk perkawinan berikutnya, jadi jika tidak diambil diwaktu yang direkomendasikan tentunya nanti akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengkawinkanya kembali.

 

majalahikan.com

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.