Pengganti Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Pengganti Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang, penjualcupang.com | Dalam dunia percupangan, saya pikir tak ada yang tak mengenal daun ketapang. Kecuali bagi daerah tertentu yang mungkin penyebutan daun ketapang berbeda.

 

Kenapa daun ketapang begitu lekat dengan para penghobi ikan cupang?

 

Pengganti daun ketapang untuk ikan cupang

Karena ada banyak manfaat daun ketapang yang diyakini para penghobi, salah satunya untuk mencerahkan warna ikan cupang.

 

Selain itu, dengan menggunakan ekstrak daun ketapang PH air akan rendah dan membuat ikan cupang merasa nyaman. Dan masih banyak lagi manfaat daun ketapang untuk ikan hias, khususnya ikan cupang.

 

Akan tetapi, daun ketapang terkadang sulit untuk diperoleh oleh sebagian penghobi ikan cupang dikarenakan beberapa alasan, seperti misalnya daerah tersebut memang tidak ada pohon ketapang.

 

Untuk itu, berikut ini adalah ulasan yang pas dibutuhkan untuk kamu yang kesulitan menemukan daun ketapang.

 

2 Jenis Daun Sebagai Pengganti Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

 

Ada dua daun yang digunakan oleh kebanyakan para penghobi ikan cupang untuk merawat ikan cupang mereka sebagai ganti daun ketapang.

 


Cara Mengolah Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang


 

1, Daun Jati Kering

 

Daun jati kering untuk ikan cupang

Seperti disinggung di atas, salah satu manfaat daun ketapang adalah untuk menstimulasi warna ikan cupang menjadi lebih cerah.

 

Ada satu daun yang memiliki banyak kandungan dan dipercaya banget oleh banyak kalangan pecinta ikan cupang, yakni daun jati.

 

Pohon jati bisa dijumpai hampir seluruh pulau di Indonesia, jadi kamu tidak akan merasa kesulitan untuk menemukanya.

 

Layaknya daun ketapang, daun jati yang dimanfaatkan untuk mencerahkan warna ikan cupang juga harus daun jati yang sudah kering.

 

Untuk menggunakan atau mengolah daun jati juga sama dengan cara mengolah daun ketapang kering, hanya saja praktek yang umum digunakan para penghobi ikan cupang sedikit berbeda dengan daun ketapang.

 

Para penghobi ikan cupang ketika menggunakan daun jati untuk ikan betta mereka dengan cara sebagai berikut:

 

Pertama, setelah daun jati kering diambil lalu dicuci dan dijemur hingga kering, setelah itu masukan daun jati pada tempat berisi air bersih yang telah disediakan ( bisa kaleng cat 5 kg atau yang lainya ).

 

Tempatkan wadah tersebut di tempat yang gelap selama 2-3 hari ( tetap memberi pakan seperti biasa ). Setelah itu ambil ikan cupang dan tempatkan di soliter yang berisi air jernih.

 

Lalu jemur ikan cupang kurang lebih 10 menit ( jangan sampai air panas ).

 

Seperti itulah kebanyakan para penghobi cupang merawat ikan cupang mereka dengan menggunakan daun jati untuk mencerahkan warna sebagai pengganti daun ketapang.

 

2, Daun Pisang Kering

 

Daun pisang kering untuk ikan cupang

Daun pengganti ketapang untuk ikan cupang yang selanjutnya adalah salah satu daun yang hampir pohonya bisa diumpai dibelahan bumi Indonesia, yakni daun pisang.

 

Manfaatnya bisa dikatakan sama persis dengan daun ketapang, hanya saja jenis pisang yang digunakan kebanyakan oleh para pecinta ikan cupang adalah jenis pisang kepok.

 

Pada dasarnya semua jenis pohon atau daun pisang bisa dikatakan bisa dimanfaatkan untuk menggantikan daun ketapang.

 

Jadi buat betta lovers yang tidak ada tanaman pohon pisang kepok disekitarnya, tetap bisa menggunakan jenis daun pisang lain, seperti misalnya pisang raja, pisang batu, pisang susu dan jenis pisang lainya.

 

Sama daengan daun ketapang dan juga daun jati, penggunaan daun pisang ini juga musti yang kering.

 

Nah itulah 2 jenis daun yang bisa dimanfaatkan untuk menggantikan manfaat ketapang untuk ikan cupang.

 

majalahikan.com

 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *