Penyebab Ikan Cupang Loncat Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ikan Cupang Loncat, penjualcupang.com | ” PENGALAMAN ADALAH GURU TERBAIK ” betta lovers pastinya pernah mendengar untaian kata seperti itu bukan?. Oke pada tulisan sebelumnya kita melihat beberapa alasan kenapa ikan cupang mati.

 

Gambar Penyebab Ikan Cupang Loncat Akuarium

 

Salah satu penyebabnya adalah ikan cupang melompat dari wadah atau aquarium atau soliter, sedangkan untuk alasan lainya silahkan betta lovers bisa lihat di judul berikut ” Inilah 5 Faktor Penyebab Ikan Cupang Mati “.

 

 

Nah pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi pengalaman pada betta lovers semuanya tentang beberapa penyebab ikan cupang loncat dan apa yang harus dilakukan agar cupang tidak melompat serta bagaimana menolong ikan cupang yang sudah lompat.

 

5 Penyebab Ikan Cupang Loncat Dan Cara Mengatasinya

 

Gambar Alasan Penyebab Ikan Cupang Loncat Akuarium

 

Sebelumnya perlu betta lovers ketahui bahwasanya pembahasan ini untuk jenis ikan cupang hias ya, bukan untuk ikan cupang alam yang memang notabenya ikan peloncat, seperti misalnya ikan cupang Betta mahachai, Betta macrostoma, dan lain sebagainya. Karena jenis-jenis ikan cupang alam dan perawatanya akan dibahas secara terpisah.

 

Baca juga :

 


Betta Picta, Inilah Penjelasan Lengkapnya

Betta Hendra, Inilah Penjelasan Lengkapnya


 

Selain itu, yang perlu betta lovers perhatikan juga ikan cupang bisa melompat dengan ketinggian kurang lebih 5 inchi, berapa cm 5 inchi itu? kita akan melihatnya di bawah……Oke, betta lovers berikut adalah beberapa alasan yang menyebabkan ikan cupang lompat.

 

  • 1. Ikan Cupang Lapar

 

Gambar Penyebab Ikan Cupang Mati Kerena Lompat

 

Nah alasan pertama ikan cupang bisa keluar dari soliter dengan cara melompat adalah karena kurangnya pakan yang diberikan pada si cupang.

 

Ketika ikan cupang lapar, dia akan mencari-cari makan di area soliter dari bawah hingga permukaan air, dia akan terus mencari dan jika tidak menemukan dalam beberapa hari dia akan melompat keluar dari soliter.

 

Dalam pencarian makanan ini, jika ada serangga yang sedang melintas atau menempel pada kaca aquarium bagian atas, maka dia akan menangkapnya kerana seperti kita ketahui dasar ikan cupang adalah ikan karnivora atau pemakan daging.

 

Cara mengatasi ikan cupang yang lompat akibat kurangnya pakan ini adalah dengan mencukupi kebutuhan pakan harian mereka.

 

Jika kita terlalu sibuk atau dalam beberapa hari kita tidak bisa merawat mereka, uasahakan mintalah bantuan saudara, keluarga atau teman untuk memeberinya pakan, ya minimal sehari sekali. Yang terpenting jangan sampai ikan terlalu lapar.

 

  • 2. Lupa Menutup Sekat Soliter atau Aquarium

 

Gambar lupa menutup sekat

 

Alasan kedua ini berlaku bagi betta lovers yang memiliki ikan cupang lebih dari satu ikan. Seperti yang banyak dilakukan para penghobi ikan berpengalaman, dalam sehari maksimal selama 5 menit semua sekat-sekat yang menghalangi pandangan ikan cupang satu dengan lainya akan dibuka.

 

Tujuan dari membukanya sekat ini adalah untuk melatih mental ikan cupang dan banyak alasan lainya yang akan kita bahas dikemudian hari.

 

Nah ketika sekat ini dibuka, otomatis ikan cupang satu dengan ikan cupang lainya akan berhadapan dan akan saling ngedok untuk melawan satu sama lain, ya…memang pada dasarnya ikan cupang adalah ikan teritorial atau ikan yang mempertahankan wilayah kekuasaanya.

 

Selain itu, seperti yang kita tau bahwa ikan cupang disebut juga ikan petarung. Ketika terlalu lama sekat ini dibiarkan terbuka atau lupa menutup kembali, maka meskipun tidak selamanya kasus ini terjadi, akan tetapi memungkinkan ikan cupang lompat keluar akuarium untuk bener-bener bertarung dengan ikan sebelahnya.

 

Cara mengatasi ikan cupang yang lompat akibat terlalu lama sekat terbuka ini, usahakan ketika membuka sekat kita dalam keadaan waktu yang longgar, bukan ketika kita sibuk.

 

Karena jika kita sibuk dengan pekerjaan lain, sangat bisa memungkinkan lupa untuk menutup kembali sekat-sekat tersebut.

 

  • 3. Ketinggian Air Terlalu Dekat dengan Ketinggian Soliter

 

Gambar Ukuran Aquarium Ikan Cupang Hias

 

Ukuran aquarium yang ideal untuk merawat ikan cupang adalah yang memiliki ketinggian 20 cm, nah kesalahan umum yang terjadi ketika mememlihara ikan cupang adalah terlalu banyak mengisi air hingga dekat sekali dengan ketinggian soliter atau aquarium.

 

Seperti disinggung di atas, ikan cupang mampu melompat hingga ketinggian 2 inchi atau 5 cm dan dari kedua faktor di atas ( lapar dan lupa menutup sekat ), terlalu banyak mengisi air inilah yang sangat memungkinkan ikan melompat keluar.

 

Cara mengatasi ikan cupang yang lompat akibat ketinggian air dekat dengan ketinggian soliter ini adalah dengan mengisi air tidak terlalu banyak.

 

Dengan melihat kemampuan ikan cupang yang bisa melompat dengan tinggi 5 cm ini dan dengan melihat ukuran ideal aquarium, maka sebaiknya untuk mengisi air di bawah angka 15 cm.

 

  • 4. Wadah Terlalu Sempit

 

Gambar Penyebab Ikan Cupang Loncat Akuarium - Aquarium Terlalu Kecil

 

Alasan selanjutnya kenapa ikan cupang loncat keluar soliter adalah karena tempatnya terlalu kecil atau sempit, memang benar ikan cupang mampu bertahan di air dan juga kadar oksigan yang sedikit.

 

Dengan kemapuan ini banyak disalah artikan oleh kebanyakan penghobi  dengan hanya memelihara ikan cupang di tempat atau aquarium yang kecil.

 

Cara mengatasi ikan cupang yang lompat akibat sempitnya wadah ini adalah dengan mengetahui ukuran soliter pemeliharaan ikan cupang.

 

Baca Juga:

 


Ukuran Aquarium Ikan Cupang Hias Yang Paling Tepat


 

  • 5. Kondisi Air Yang Buruk

 

Gambar Kondisi Air Buruk

 

Yang terakhir yang bisa admin sebutkan dari alasan penyebab ikan cupang loncat dan cara mengatasinya ini adalah kondisi air yang tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh ikan cupang.

 

Kondisi ini bisa disebabkan terlalu lamanya penggantian air yang menjadikan kotoran ikan menjadi racun buat ikan cupang itu sendiri.

 

Dan langkah yang musti kita perhatikan adalah dengan cara rutin mengganti air setiap minggunya agar kondisi kesehatan air tetap terjaga dan ikan cupangpun betah hidup di air tersebut yang akhirnya ikan cupang tidak melompat keluar.

 

Berapa lama atau berapa menit ikan cupang bisa bernafas di luar air?

 

Bagaimana jika ikan sudah lompat, apakah masih bisa diselamatkan?

 

Cara Menyelamatkan Cupang Yang Sudah Keluar Aquarium

 


Kultur Daphnia Magna Dengan em4 100% Berhasil

Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar Dari Umur 4 Hari Hingga 1 Bulan

Ikan Cupang Tidak Mau Makan Pelet,,,Ini Solusinya!!!

Warna Ikan Cupang Mau Cepet Mutasi ataupun Naik? Ini 5 Resep Rahasianya

Bolehkah Memberi Makanan Ikan Cupang Nasi?


 

Sebelumnya perlu betta lovers ketahui, ikan cupang memiliki organ labirin. Organ inilah yang membuat ikan cupang mampu bertahan hidup di kondisi air yang minim oksigen. Tanda ini bisa betta lovers ketahui ikan cupang sering ke permukaan air untuk menghirup udara.

 

Meski begitu, bukan berarti ikan cupang bisa lama bertahan di luar air. Kebanyakan kasus cupang yang loncat keluar dari air tidak terselamatkan, karena terlalu lama kuluar dari air.

 

Ikan cupang “menurut riset online yang saya temukan”¬† tidak mampu bertahan hidup di luar air labih dari 10 menit, menurut pribadi admin sendiri 10 menit saja sudah tidak ada harapan untuk diselematkan.

 

Praktek cara merawat ikan cupang yang hampir mati atau sekarat akibat loncat ini kebanyakan kasus gagal, akan tetapi berdasarkan pengalaman, vidio di bawah ini adalah cara supanya bisa diselamtakan.

 

Vidio Cara Menyelamatkan Ikan Cupang Yang Hampir Mati atau Sekarat

 

 

# Salam Ngedok #

# Salam Mekrok #

majalahikan.com

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *