Inilah 5 Faktor Penyebab Ikan Cupang Mati

Penyebab Ikan Cupang Mati, penjualcupang.com | Halo semua betta lovers, kali ini admin mengangkat sebuah judul yang sering kali ditanyakan pada admin, yakni masalah kematian pada ikan cupang.

 

Akan tetapi dari judul ini kami akan membahasnya lebih spesifik, dalam tanda kutip kematian ikan cupang bukan yang masih burayak ataupun ikan cupang dalam pengiriman ya. Kita akan fokus pada penyebab ikan cupang mati dalam perawatan kita.

 

Apa Saja Penyebab Ikan Cupang Mati ???

 

Gambar Apa Saja Penyebab Ikan Cupang Mati

 

Sebelumnya saya ingin menceritakan 2 penghobi ikan cupang yang pernah beli ikan dari saya, yang satu dari Jakarta dan yang satu dari daerah saya sendiri. Dan keduanya sama sama membeli ikan cupang jenis hellboy.

 

Yang dari Jakarta ini udah lama banget belinya, 2/3 bulan yang lalu doi masuk lewat WA dan mengirim vidio ikan hellboynya ke saya, doi bilang ” Mas hari ini adalah tepat setahun Fokus saya pelihara”

 

Yups, hellboy yang doi beli ini diberi nama Fokus, saya melihat dengan senyum yang luar biasa dan berterimakasih pada doi. Saya melihat dalam vidio tersebut si hellboy begitu sehat luar biasa dalam perawatnya.

 

Tapi saya minta maaf ya, karena vidio atau gambar hellboy Fokus ini telah terhapus, jadi nggak bisa lihatin kaindahanya, akan tetapi di bawah ini adalah vidio pas doi membelinya dari saya

 

 

Pembeli hellboy yang kedua kemaren sekitar satu mingguan masuk juga di WA saya dan mengirimkan foto atau gambar ikan hellboynya telah mati.

 

Doi membeli baru sekitar 4 bulanan, jadi belum lama doi merawat ikan cupang jenis hellboy tersebut. Saya turut prihatin melihatnya terkapar, dan di bawah ini adalah gambarnya

 

Gambar Penyebab Ikan Cupang Mati

 

Dari kedua pecinta ikan cupang di atas, tentunya kita bisa bertanya pada diri kita sendiri bukan, kenapa dan apa penyebab ikan cupang yang kamu rawat mati.

 

Apakah bener keasalahan kita dalam merawat atau memang ikan cupang mati karena penyakit bawaan? Oke mari kita lihat beberapa alasan-alasan kenapa ikan cupang mati dalam perawatan kita.

 

Inilah Jawaban-Jawaban Penyebab Ikan Cupang Mati

 

  • 1. Kondisi Air Yang Buruk

 

Gambar Penyebab Ikan Cupang Mati-Kondisi Air Yang Buruk

 

Penyebab ikan cupang mati yang paling jarang diketahui oleh penghobi ikan cupang adalah kondisi air yang sangat buruk.

 

Buruk bukan berarti tidak jernih, akan tetapi buruk ini karena banyaknya racun dalam air tersebut.

 

Kenapa air beracun?

 

Yang pertama adalah karena bahan kimia akibat dari pembusukan kotoran ikan cupang itu sendiri dan juga makanan yang tersisa.

 

Kedua faktor inilah yang menjadikan ikan terserang berbagai jenis penyakit seperti sisik nanas misalnya, ikan lesu tidak agresif, sirip dan ekor kuncup bahkan melompat.

 

Apalagi jika wadah ikan cupang itu terlalu kecil, seperti gelas untuk ikan cupang, botol dan lain sebagainya yang menampung debit air sangat seditik, maka racun dari kotoranya akan sangat cepat menyebar ke seluruh air.

 

Tapi……bukankah ikan cupang itu ikan yang tangguh, yang mampu hidup di kondisi air minim oksigen dan volume air yang sedikit?????

 

Ya itu benar, akan tetapi mampu berapa hari ikan cupang di kondisi seperti itu, sebagai pecinta ikan cupang tentunya kita ingin melihatnya sehat hingga umur terpanjangnya, bukan hanya beberapa hari atau bulan kan?

 

Yes, buruknya kualitas air adalah faktor utama penyebab kematian pada ikan cupang.

 

Untuk mencegah itu, ukuran aquarium untuk merawat ikan cupang sebaiknya yang sesui anjuran, yakni 3x panjang tubuhnya atau lebih besar akan lebih bagus.

 

Karena dengan volume air yang banyak, tentunya zat-zat berbahaya akibat pembusukan kotoran tidak cepat menyebar ke seluruh air.

 

Selain itu, dengan menjadwal pembersihan kotoran dan sisa pakan akan menjaga air tetap dalam kondisi yang sesusi untuk ikan cupang.

 

Apakah kamu sudah melakukan kedua syarat di atas ( menjaga kualitas air tetap bagus ), jika sudah mungkin penyebab ikan cupang mati milik kamu di bahasan berikut.

 

  • 2. Suhu Rendah atau Air Terlalu Dingin ( Ekstrem )

 

Ganbar Penyebab Ikan Cupang Mati-Suhu Rendah atau Air Terlalu Dingin

 

Banyak para penghobi ikan cupang yang bingung kenapa ikan cupangnya mati mendadak, sebagian dari mereka beranggapan ikan cupang kena penyakit jantung.

 

Ini sangat lucu menurut saya pribadi, karena kita bukan dokter, bagaimana mungkin bisa menyimpulkan penyebab ikan cupang mati mendadak ini karena serangan jantung.

 

Yang paling masuk akal adalah karena suhu air yang terlalu dingin, seperti kita ketahui ikan cupang adalah ikan tropis. Habitatnya dari Asia, bukan ikan dari benua Eropa, mereka membutuhkan suhu air antara 75 dan 80 derajat.

 

Umumnya perubahan suhu air ini di negara kita karena perubahan cuaca, lihat saja jika cuaca dingin ( musim penghujan ) aquarium untuk memelihara ikan cupang bagian luar kaca pada berair ( seperti embun ).

 

Lalu bagaimana kita mensiasati ini, apakah harus membeli pengatur suhu atau pengukur suhu air segala untuk memastikan suhu air sesuai kondisi yang dibutuhkan ikan cupang.

 

Ada tips dalam perawatan ikan cupang ketika menghadapi suhu ekstrem ini, mengutip dari breeder asal Jogjakarta yang sudah malang melintang, beliau mengatakan cukup hanya memberi ekstrak daun ketapang yang pekat.

 

Apakah penyebab ikan cupang mati milik kamu karena suhu yang ekstrem? Jika bukan, mungkin di penyebab selanjutnya.

 

  • 3. Makan Berlebihan dan Pakan Kurang Higienis

 

Gambar Penyebab Ikan Cupang Mati-Makan Berlebihan dan Pakan Kurang Higienis

 

Kamu lihat mata ikan cupang, kurang lebih perutnya sebesar bola matanya itu kawan. Pemberian pakan ikan cupang yang berlebih membuatnya cepat terserang penyakit dan akhirnya mati sebelum usianya.

 

Untuk menghindari ikan cupang makan berlebih, sebaiknya tunggu atau amatilah beberapa menit, jangan sampai memberi hingga ikan cupang memuntahkan pakan, dan pemberian pakan idealnya 1-2x dalam sehari.

 

Selain itu pemberian pakan hidup yang kurang higienis juga mengakibatkan ikan cupang terserang berbagai jenis penyakit.

 

Untuk itu, jika kamu memberinya kutu air atau jentik nyamuk atau pakan hidup yang lainya usahakan untuk membersihkanya terlebih dahulu.

 

Apakah penyebab ikan cupang mati miliki kamu bukan karena 3 faktor di atas, jika bukan berarti disebabkan oleh faktor yang selanjutnya.

 

  • 4. Gangguan Teman Ikan Cupang Se-aquarium

 

Gambar Penyebab Ikan Cupang Mati-Gangguan Teman Ikan Cupang Se-aquarium

 

Memelihara ikan cupang dengan ikan lain se-aquarium mungkin terdengar asing buat kalian bukan, akan tetapi pokok permasalahanya bukan disitu, karena di negara kita jarang ada penghobi yang mencampur ikan cupang dengan jenis ikan hias lain.

 

Dari masalah gangguan ikan seaquarium ini, umumnya dari para penghobi ikan cupang aduan. Seperti kita ketahui, selain cupang hias ada juga cupang aduan.

 

Dan matinya ikan cupang ini tentu akibat berkelahi dengan ikan cupang lain atau diadu, mungkin tidak seketika mati di arena, akan tetapi luka-luka akibat diadu inilah yang menjadikan ikan cupang mati.

 

Luka-luka tersebut terkena bakteri yang akhirnya menyebabkan ikan cupang sakit, lesu dan akhirnya mati. Jadi jika kamu mengadu ikan cupang lalu bertanya apa penyebab ikan cupang mati, maka akan sangat lucu.

 

  • 5. Ikan Cupang Stres

 

Gambar Penyebab Ikan Cupang Mati-Ikan Cupang Stres

 

Yang selanjutnya penyebab ikan cupang mati adalah karena stres, stres ini bisa terjadi karena beberapa faktor dan kenyataanya banyak ikan cupang mati karena stres ini.

 

Semua yang disebutkan di atas merupakan faktor fisik yang menyebabkan ikan cupang mati, nah sters ini juga disebabkan karena faktor-faktor di atas.

 

Selain itu pemicu ikan stres ini juga bisa karena terlalu lama berhadapan dengan lawan atau kaca, selain itu sorot sinar matahari langsung yang terlalu lama juga penyebab ikan cupang stres.

 

Stres juga bisa diakibatkan karena dalam wadah ada banyak makanan, seperti jentik nyamuk, kutu air dan pakan-pakan hidup lain yang kebanyakan dan mengganggu dia.

 

Ikan cupang stres bisa dilihat dengan ketidak aktifanya dalam bergerak, ikan sering di dasar aquarium dan nafsu makan juga menurun.

 

Itulah 5 faktor yang paling umum penyebab ikan cupang mati

 

# Salam Ngedok #

# Salam Mekrok #

Ahmad NH

Artikel Terkait

One Response to “Inilah 5 Faktor Penyebab Ikan Cupang Mati”

  1. Hema says:

    Terima kasih atas informasinya! Jujur, saya melihara 4 ekor ikan cupang yang saya adopsi sekitar 3 bulan yang lalu. Setiap bulannya ada 1 ekor yang mati, dan hari ini sudah yang ketiga yang mati tiba-tiba. Saya pelihara juga guna menghilangkan kegabutan di rumah. Awalnya saya nggak begitu ambil pusing dan langsung kubur aja, tapi setelah yang ke-3 ini mati rasanya berdosa banget. Jadi saya memutuskan untuk mencari tahu dan saya rasa saya sudah tahu penyebabnya. Terima kasih atas informasinya!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *