Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Makan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Makan, penjualcupang.com | Selamat datang kembali di blog khusus pembahasan betta fish atau ikan cupang. Banyak sekali betta lovers yang bertanya pada admin masalah-masalah dunia percupangan.

 

Mulai dari cara budidaya ikan cupang, cara merawat ikan cupang, hingga jenis-jenis ikan cupang bahkan banyak juga yang bertanya mengenai obat untuk ikan cupang atau vitamin ikan cupang.

 

Salah satu pertanyaan yang pernah ditanyakan adalah apa # Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Makan #, selain menjawab beberapa alasanya disini admin juga menjelaskan cara mengatasinya.

 

3 Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Makan Dan Cara Mengatasinya

 

  • 1, Ikan Cupang Sakit

 

Ketika kita sakit, apapun makanan enak dan minuman segar yang ditawarkan oleh orang tua kita, tentunya akan terasa pahit dan tidak enak bukan?

 

Sama halnya dengan ikan cupang, ketika ikan cupang sakit mereka juga merasakan tidak enak untuk memakan apa yang kita berikan, mereka hanya memandangnya saja dan tidak bergairah untuk memangsanya.

 

Ada banyak sekali jenis penyakit ikan cupang, seperti misalnya sisik nanas, white spot, velvet, pop eye dan yang lainya. Apapun penyakitya, ikan cupang akan cenderung untuk tidak makan dan hanya diam saja.

 

Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Makan

Contoh Ikan Cupang Sakit Sisik Nanas

 

Untuk membuat ikan cupang kembali memiliki nafsu makan, maka betta lovers harus menyembuhkan penyakitnya terlebih dahulu. Untuk itu kenali penyakit ikan cupang kalian dan cari referensi untuk meyembuhkanya.

 

  • 2, Ikan Cupang Stres

 

Alasan yang kedua penyebab ikan cupang tidak mau makan adalah karena stres. Stres ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti misalnya kondisi air yang buruk, terlalu banyak kotoran di dasar, kaget, terlalu banyak pelet atau pakan lain yang mengendap dan masih banyak lagi.

 

Ikan cupang stres ini selain membuat ikan cupang nafsu makanya turun juga bisa menyebabkan ikan cupang lompat dari soliter atau aquarium.

 

Lihat juga:


Penyebab Ikan Cupang Loncat Dan Cara Mengatasinya


 

Selain nafsu makanya yang turun drastis, ikan cupang stress biasanya kehilangan warna tubuhnya atau menjadi pucat.

 

cara mengatasi ikan cupang stres

 

Selain itu, ikan cupang stres kurang agresif ketika dihadapkan dengan cupang lain, serta diam atau malas bergerak dan cenderung tinggal di dasar soliter.

 

Untuk membuat ikan cupang stres ini kembali memiliki nafsu makan, maka obati terlebih dulu stresnya dengan cara seperti vidio berikut ini.

 


 

 

  • 3. Bosan Dengan Pakan Yang Diberikan

 

Cara merawat ikan cupang hal terpenting yang perlu diperhatikan selain air adalah pemberian pakan. Pemberian pakan yang monoton akan membuat ikan cupang nafsu makanya turun dan bisa dibilang mogok makan.

 

Tak jauh beda dengan kita Manusia yang membutuhkan beragam nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi, untuk itu terciptalah makanan sehat lima sempurna ( bervariasi ).

 

Sama halnya dengan ikan cupang, jika hanya memberi makanan pelet saja maka ikan cupang akan bosan dan perkembangan serta warna juga kurang cepat peningkatanya.

 

Untuk itu, sangat penting memebri makan ikan cupang dengan berbagai jenis makanan ikan cupang, seperti misalnya cacing sutra, cacing darah, pelet, kutu air, jentik nyamuk, dhapnia dan masih banyak lagi.

 

makanan ikan cupang

 

Dengan variasi pakan yang beragam ini dan pemberian terjadwal dengan baik, maka ikan cupang tidak akan bosan dan tentunya malah semakin lahap.

 

Itulah 3 alasan penyebab ikan cupang mogok makan

majalahikan.com

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *