Penyebab Kepala Ikan Cupang Nyendok

Penyebab Kepala Ikan Cupang Nyendok, penjualcupang.com | Keindahan ikan cupang dinilai tidak hanya dari warnanya saja, mulai dari ujung kepala hingga ujung ekor juga merupakan penilaian yang tidak bisa dikesampingkan.

 

Ikan Cupang Hias

majalahikan.com

 

Terlebih ikan cupang untuk kontes, bagian kepal, keserasian badan hingga sirip dan ekor bahkan dasi dan karakter semuanya dinilai.

 

Ikan cupang yang memiliki ekor lebar dan bisa dibilang layak untuk ikut kontes, jika kepala tidak meluru ( bentuk seperti peluru ) tentunya tidak akan bisa menang.

 

Bagian kepala pada ikan cupang kontes tidak boleh cekung atau benjol, yang cekung ini lebih dikenal dengan istilah kepala nyendok atau dolphin.

 

Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari kepala nyendok pada ikan cupang, apa sebenernya penyebab kepala ikan cupang nyendok. Simak terus penjelasan singkat berikut ini

 

Penyebab Kepala Ikan Cupang Nyendok

 

Penyebab Kepala Ikan Cupang Nyendok

 

Setiap peternak memiliki pengalaman sendiri-sendiri dalam mencetak ikan cupang, banyak yang percaya penyebab cekungnya bagian atas kepala ikan cupang ini karena faktor makanan.

 

Makanan ini berupa cacing sutra, yang mana ketika burayak ikan cupang diberi cacing sutra mereka akan berebut ke dasar untuk memangsa grombolan cacing sutra.

 

Ketika burayak menukik ke bawah dan mulut sudah memangsa cacing sutra, maka mereka akan berusaha untuk mencongkel ke atas, itu karena mereka musti melepas cacing yang di mulutnya dari gerombolan cacing sutra.

 

Kebiasaan ini berulang kali pagi dan sore hari hingga burayak siap untuk di ren / dimasukan satu-satu dalam botol. Kebiasaan ini lambat laun akan mempengaruhi bagian atas kepala ikan cupang, yang akhirnya kepala menjadi cekung atau nyendok.

 

Ikan Cupang Nyendok

 

Itulah alasan pertama penyebab kepala ikan cupang nyendok, akan tetapi tidak semua peternak ikan cupang percaya dengan alasan ini.

 

Sebagian peternak percaya bahwa…

 

Yang menyebabkan cekungnya bagian kepala ikan cupang bukan dari faktor luar, seperti makanan misalnya, akan tetapi lebih condong pada pembawaan gen dari ibu atau bapak ikan cupang tersebut.

 

Dengan kedua alasan tadi, itu berarti masih membuat kita bisa untuk ber-eksperimen, mana yang benar dan mana yang kurang tepat.

 

Karena admin mengutarakan 2 alasan, tentunya pertanyaan pembaca untuk mencari jawaban tidak ketemu di tulisan ini dan harus mencari jawaban sendiri dengan ber-eksperimen.

 

Akan tetapi untuk admin sendiri, jujur lebih condong pada alasan yang ke-2 yakni, gen indukanlah yang mempengaruhi nyendoknya kepala ikan cupang.

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *