Perbedaan Cacing Darah ( bloodworm ) dan Cacing Sutra Serta Manfaatnya Untuk Ikan Cupang

Perbedaan Cacing Darah ( bloodworm ) dan Cacing Sutra, penjualcupang.com | Sebagai pecinta ikan cupang mengetahui segala sasuatu yang berhubungan dengan ikan cupang tentunya bisa dikatakan wajib. Terlebih makanan ikan cupang, karena banyak sekali makanan yang bisa kita berikan dan manfaat setiap makanan juga berbeda-beda.

 

Salah satu jenis makanan ikan cupang yang paling sering diberikan ikan cupang adalah cacing, nah cacing yang paling umum adalah cacing sutra atau juga dikenal dengan cacing rambut serta cacing darah atau juga dikenal dengan sebutan bloodworm.

 

Pemain lama mah udah pada faham perbedaan cacing darah ( bloodworm ) dan cacing sutra ini, akan tetapi untuk pemula masih banyak yang belum bener-bener memahami kedua jenis cacing ini.

 

Untuk itu penjual cupang dot com merasa terpanggil untuk mengulasnya mulai dari asal muasal hingga manfaat kedua cacing ini untuk ikan cupang.

 

Perbedaan Cacing Darah ( bloodworm ) dan Cacing Sutra

 

  • Cacing Darah ( bloodworm )

 

Perbedaan Cacing Darah ( bloodworm ) dan Cacing Sutra

By https://en.wikipedia.org/wiki/Chironomus_zealandicus

Cacing darah atau juga tak asing dengan sebutan bloodworm sebenernya bukanlah dari keluarga cacing, akan tetapi larva kecil dari serangga midge fly (Chironomidae).

 

Larva dari beberapa serangga ini mengandung hemoglobin, yang membantu mereka mendapatkan oksigen dari air dan memberi mereka warna kemerahan yang khas.

 

bloodworm

 

Jika kita perhatikan dengan seksama mulai dari ujung hingga ujung, cacing darah ini jelas terlihat memiliki kepala, badan atau tubuhnya beruas-ruas dan juga memiliki ekor serta cara bergeraknya hampir mirip dengan cuk atau jentik nyamuk.

 

Cacing darah ini juga seringkali kita dapati bersamaan ketika kita membeli cacing sutra, akan tetapi ketika kita menuangkan ke wadah, maka cacing darah ini akan bergerak seperti jentik nyamuk dan berada dipermukaan.

 

Cacing Darah - Perbedaan Cacing Darah ( bloodworm ) dan Cacing Sutra

 

Itulah sedikit gambaran cacing darah yang tentunya sangat berbeda dengan cacing sutra.

 

  • Cacing Sutra

Setelah kita mengenali cacing darah, sekarang kita simak cacing sutra.

 

Cacing Sutra - Perbedaan Cacing Darah ( bloodworm ) dan Cacing Sutra

 

Cacing sutera (Tubifex), sering juga disebut cacing rambut atau cacing tubifex adalah cacing kecil seukuran rambut berwarna kemerahan dengan panjang sekitar 1-3 cm.

 

Caing sutra ini tidak terlihat memiliki kepala dan ekor jika kita perhatikan dengan mata telanjang, ketika kita sentuh terasa sangat lembut, hidupnya bergerombol dan tetap berada di dasar air.

 

Manfaat Cacing Darah dan Cacing Sutra Untuk Ikan Cupang

 

Setelah kita mengetahui perbedaan cacing darah ( bloodworm ) dan cacing sutra, maka kita akan melihat manfaat kedua cacing ini untuk ikan cupang kesayangan kita.

 

Sama halnya dengan perbedaan kasat mata, manfaat kedua cacing ini juga berbeda jika diberikan pada ikan cupang. Umumnya para pemain ikan cupang akan memberikan cacing darah pada ikan cupang dewasa agar warna ikan cupang menjadi semakin tajam.

 

Ikan Cupang Makan Cacing Darah

 

Sedangkan untuk cacing sutra betta lovers umumnya memberikan pada ikan cupang yang masih muda atau tahap pertumbuhan agar mereka cepat besar.

 

Ikan Cupang Makan Cacing Sutra

 

Nah itulah perbedaan antara cacing darah dengan cacing sutra, semoga bermanfaat.

 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *