Perbedaan Daun Ketapang Laut dan Darat

Perbedaan Daun Ketapang Laut dan Darat, penjualcupang.com | Bisa dikatakan wajib bagi penghobi ikan cupang untuk merawat cupang mereka dengan daun ketapang, sangking wajibnya tempat yang jarang ditumbuhi pohon ketapang mencari alternatif pengganti daun ketapang.

 

Gambar Perbedaan Daun Ketapang Laut dan Darat

By majalahikan.com

 

Daun yang dipungut di bawah pohonya ini ternyata bisa dijual, bahkan harganya juga lumayan terlebih jika kita bisa menjualnya ke luar negri.

 

Berbagai slogan tertulis untuk menarik pembeli, salah satu slogan yang paling umum adalah daun ketapang laut, daun ketapang merah dan lain sebagainya.

 

Dari sini maka munculah sebuah pemikiran kalau daun ketapang laut itu sangat bagus untuk menunjang kesehatan ikan cupang. Dan memang sudah diyakini dikalangan pecinta ikan cupang bahwasanya daun ketapang laut lebih bagus ketimbang daun ketapang darat.

 

Lalu benarkah semua itu?

 

Untuk mengetahui kebenaranya,,,yuk simak penjelasan berikut ini :…

 

1 Perbedaan Daun Ketapang Laut dan Darat

 

 

Sebelumnya mari kita lihat sekilas penjelasan pohon ketapang laut dan darat. Dikatakan pohon ketapang laut, itu karena pohon ini banyak ditemukan atau sering kita jumpai tumbuh di panatai atau sekitaran area pantai.

 

Sedangkan pohon ketapang darat banyak tumbuh di darat, baik dataran rendah maupun dataran tinggi yang jauh dari laut atau pantai, itu sebabnya dikatakan pohon ketapang darat.

 

Pada dasarnya tidak ada perbedaan antara daun ketapang laut maupun daun ketapang darat, jika ada yang mengatakan daun ketapang laut daunya merah, itu tidak sepenuhnya benar.

 

Karena banyak juga daun ketapang yang kita pungut di pantai yang tidak berwarna merah, selain itu sering juga para penghobi ikan cupang yang menjumpai daun ketapang darat yang juga daunya berwarna merah.

 

Banyak yang bilang kalau daun ketapang laut lebih pekat warnanya jika diekstrak, itu juga nggak sepenuhnya bener, karena banyak juga dari daun ketapang darat yang tak kalah pekat dengan daun ketapang laut.

 

Sebagian penghobi bilang ciri-ciri daun ketapang laut itu daunya nggak lebar, bisa jadi iya akan tetapi lain pantai lain bentuk daunya yang kadang banyak di pantai kita jumpai daun ketapangnya memiliki ukuran daun yang lebar.

 

Selain itu di darat banyak juga daun ketapang yang memiliki ukuran daun kecil banyak juga yang lebar, jadi tidak semua kelebihan dari daun ketapang laut yang diunggul-unggulkan sebagian penghobi ikan cupang itu benar.

 

Dari uraian ini sekarang kita tau kalau tidak ada perbedaan antara daun ketapang laut dan daun ketapang darat, jadi buat temen – temen yang hidup jauh dari pantai jangan minder.

 

Akan tetapi ada perbedaan mendasar dari kedua pohon ketang laut dan pohon ketapang darat, yakni makanan yang mereka serap.

 

Tentunya karena tumbuhnya di daerah pantai, makanan yang di serap ada kandungan garamnya banyak, beda halnya jika ketapang darat meskipun ada kandugan garam makanan yang diserap tentunya tidak sebanyak pohon ketapang yang tumbuh di pantai.

 

Dan kita sebagai penghobi ikan cupang tentunya paham betul manfaat garam untuk kesehatan ikan cupang, nah perbedaan daun ketapang laut dan darat yang paling diyakini banyak penghobi ikan cupang adalah tanin yang dikeluarkan daun ketapang laut mengandung garam yang baik untuk ikan cupang.

 

Sedangkan daun ketapang darat tidak ada kandungan garamnya, untuk itu bagi pengobi ikan cupang yang jauh dari pantai jika menggunakan daun ketapang darat akan menambahkan garam ikan.

 

Ya hanya masalah kandungan garamnya saja perbedaan daun ketapang laut dan darat yang masuk akal, karena apa yang ditemukan di ketapang laut juga bisa ditemukan di daun ketapang darat.

 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *