Sirip Ikan Cupang Robek dan Cara Mengobatinya

Ekor dan Sirip Ikan Cupang Robek, penjualcupang.com | Selain warna, penghobi ikan cupang tentunya akan memilih ikan cupang yang memiliki bukaan ekor 180 drajat bahkan lebih.

 

Ikan Cupang Kontes

 

Ekor dan sirip ikan cupang merupakan nilai lebih, dengan ekor yang bisa mekar lebar harga ikan cupang akan lebih mahal ketimbang yang ekornya biasa-biasa saja.

 

Sirip atas maupun bawah juga musti bisa rapat dengan bukaan ekornya untuk kesempurnaan keindahan ikan cupang.

 

Akan tetapi, apa jadinya jika ekor maupun sirip ikan cupang robek? Apa saja yang menyebabkan sobeknya dan tentunya bagaimana cara meyembuhkanya.

 

Di tulisan ini kita akan mengetahui penyebab sirip dan juga ekor ikan cupang rusak dan cara mengobatinya serta butuh berapa lama untuk menyembuhkan.

 

Penyebab Ekor dan Sirip Ikan Cupang Robek

 

Untuk kalian yang sudah tau penyebab rusaknya sirip ikan cupang kalian, bisa langsung baca ke bawah untuk mengetahui cara pengobatanya.

 

Sirip Ikan Cupang Robek

 

Akan tetapi lebih baik kamu baca urut semuanya, karena ada banyak faktor yang menjadikan ekor dan sirip ikan cupang rusak yang bisa kamu ketahui.

 

1. Ikan Cupang Menggigitnya Sendiri

 

Ikan Cupang Sakit - Sirip Ikan Cupang Robek

 

Mungkin terdengar aneh jika anggota tubuhnya malah digigit sendiri bukan, ya tentunya. Akan tetapi menggigitnya cupang pada sirip dan ekornya ini memiliki berbagai alasan sebagai berikut :

 

  • a. Ikan Cupang Terlalu Lapar

 

Apa mau dikata jika dia terlalu lapar, ekor dan sirip banyak kasus akan digigitinya sendiri. Kelaparan ini selain dalam keteledoran penghobi juga umumnya terjadi ketika ikan dalam proses pengiriman yang terlalu lama.

 

  • b. Dikira Lawan

 

Kebanyakan kasus ikan cupang menggigit sirip dan ekornya sendiri adalah karena tidak bisa melihat dengan baik. Umumnya ini terjadi pada perjalanan pengiriman.

 

Saat dikirim ikan cupang akan dibungkus plastik dan dilapisi tisu atau yang lainya, dan tentunya box pengiriman. Dalam gelap ini ketika ikan menekukan ekornya kesamping dan mengenai kepalanya, spontan ikan akan menggigit.

 

Dia tidak sadar kalau itu adalah ekornya, instingnya yang suka berkelahi atau teritorial akan langsung mengarahkan untuk menggigit.

 

  • c. Wadah Terlalu Sempit

 

Merawat ikan cupang pada wadah yang relatif kecil akan membuat ikan cupang tidak leluasa bergerak, selain itu kotoran dan sisa pakan yang ada di dasar menjadikanya stres yang akahirnya berujung menggigit sirip atau ekor.

 

2. Perkelahian

 

Ikan Cupang Aduan

 

Umumnya ini terjadi pada ikan cupang jenis aduan, karena memang rusaknya sirip maupun ekor ikan cupang akibat diadu.

 

3. Perkawinan

 

Yang ketiga penyebab ekor maupun sirip ikan cupang robek adalah akibat dari perkawinan. Ketika masa kawin ikan cupang akan terlihat seperti berantem atau berkelahi, meskipun itu bukan perkelahian yang sebenarnya.

 

 

Akan tetapi dari proses ini tetap saja ada kerusakan pada sirip maupun ekor ikan cupang baik jantan maupun betina, meskipun kebanyakan yang mendapatkan luka adalah yang betina.

 

4. Penyakit Ikan Cupang

 

Penyebab yang terakhir adalah karena penyakit yang disebut dengan rot fin, penyakit ini akan merusak ekor ikan cupang yang disebabkan oleh bakteri karena kualitas air yang buruk atau stres yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah.

 

 

Itulah 4 penyebab sirip maupun ekor ikan cupang rusak dan sekarang mari kita obati mereka dengan cara sebagai berikut.

 

Cara Mengobati

 

Robek merupakan luka fisik tentunya tidaklah cepat untuk mengembalikan kerusakan ini seperti sedia kala, akan tetapi kita sebagai sang majikan tentunya menginginkan sirip maupun ekor mereka cepat tumbuh kembali, dan berikut adalah cara untuk menunjang proses tumbuh kembali.

 

1. Selalu Menjaga Kondisi Air

 

Dalam perawatan luka fisik ini, kualitas air sangat menunjang untuk mempercepat pemulihan. Jangan sampai air ditumbuhi bakteri yang akhirnya malah menyerang luka pada sirip maupun ekor yang rusak.

 

Caranya dengan tidak membiarkan kotoran ikan cupang dan juga sisa pakan yang tidak termakan menumpuk di dasar.

 

Pemberian garam aquarium atau garam ikan juga harus untuk menjaga kualitas air tetap dalam kondisi terbebas dari bakteri jahat.

 

Penambahan daun ketapang juga akan membantu menjaga air tetap dalam pH yang diinginkan ikan cupang dan tentunya akan menjadikan ikan cupang merasa nyaman dalam masa pengobatan ini.

 

2. Pemberian Pakan Bernutrisi Tinggi

 

Jika kebiasaan pakan yang kamu berikan adalah pelet, sayogya-nya jangan diberikan lagi, gantilah dengan pakan alami yang memiliki nutrisi tinggi agar kondisi sirip maupun ekor cepat tumbuh.

 

Pakan bisa berupa jentik nyamuk maupun cacing sutra atau pakan alami lainya yang umum diberikan pada ikan cupang.

 

3. Ganti Air Secara Berkala

 

Yang ketiga untuk membantu pemulihan ekor dan sirip ikan cupang robek adalah dengan melakukan penggantian air secara berkala.

 

Dengan melakukan 3 cara di atas dengan rajin, akan membantu mempercepat pemulihan kerusakan pada ekor dan sirip ikan cupang.

 

Sedangkan khusus untuk kerusakan yang diakibatkan oleh penyakit fin rot, jangan fokus pada ekor akan tetapi berfokuslah pada penyembuhan terlebih dahulu, jika sudah sembuh maka 3 cara yang admin sebutkan di atas bisa dipraktekan.

 

Berapa Lama Bisa Tumbuh Kembali?

 

Untuk menjawabnya, ada sebuah vidio menarik yang mengupas tuntas waktu berapa lama sobeknya sirip dan ekor bisa kembali tumbuh seperti sedia kala. Dan berikut adalah vidionya :

 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *