Telur Ikan Cupang Tenggelam Apa Bisa Menetas?

Telur Ikan Cupang Tenggelam, penjualcupang.com | Hai Gaes apa kabar semuanya, kali ini saya ingin menulis masalah telur ikan cupang. Banyak yang bertanya pada saya seputar bentuk telur ikan cupang, yang tentunya sulit dibedakan karena begitu banyak gelembung sarang yang dibuat oleh ikan cupang jantan.

 


Kami melayani penjualan ikan cupang di seluruh Indonesia, silahkan kontak kami di nomer WA 085712733597


 

Gambar Telur Ikan Cupang Tenggelam Apa Bisa Menetas

 

Selain bentuk telur ikan cupang, banyak juga yang bertanya jumlah telur ikan cupang itu berapa banyak, berapa lama telur ikan cupang menetas hingga telur ikan cupang dimakan cupang jantan dan akhirnya gagal menetas.

 

Akan tetapi, kali ini saya akan fokus pada satu pertanyaan yang bagus sekali dan menurut saya akan sangat bermanfaat jika saya menulisnya juga di sini, pertanyaanya adalah Telur Ikan Cupang Tenggelam atau Jatuh Dari Gelembung Sarang Itu Bisa Menetas Tidak?

 

Telur Ikan Cupang Tenggelam atau Jatuh Dari Gelembung Sarang Itu Bisa Menetas Tidak?

 

Sebelumnya saya ingin kasih tau kalau jenis ikan cupang dalam berkembang biak itu dibedakan menjadi 2 jenis. Yang pertama mengerami telur di dalam gelembung atau yang disebut denganĀ bubble nest breeding betta fish dan yang kedua mengerami telur di dalam mulut atau Mouth Brooder breeding betta fish.

 

Gambar Telur Ikan Cupang Tenggelam

 

Jadi, dari pertanyaan Telur Ikan Cupang Tenggelam itu bisa terjadi dari kedua cara ikan cupang mengerami telurnya.

 

Jawaban dari pertanyaan apakah bisa menetas atau tidak telur yang jatuh dan tenggelam di dasar air, adalah tidak bisa menetas jika tidak dipungut atau diambil lagi oleh induk jantan.

 

Kenapa?

 

Karena telur membutuhkan suhu dan suhu untuk menetaskan telur hanya induk cupang jantan yang tau dan yang bisa memberinya. Dan karena jatuh ke dasar dan tidak diambil, maka tidak ada suhu yang diberikan oleh induk jantan.

 

Selain itu, telur yang jatuh itu bisa saja tidak terbuahi, makanya dibiarkan tergeletak di dasar air dan tidak diambil oleh induk ikan cupang jantan, karena tentunya meskipun diberi asupan suhu, jika tidak terbuahi juga tidak akan mungkin menetas.

 

Selain tidak terbuahi, ada banyak faktor kenapa telur bisa jatuh dari sarang gelembung dan akhirnya tidak diambil dan tidak menetas.

 

Misalnya, banyak goncangan dari luar ( pengangkatan tempat pemijahan dan lain sebagainya ) atau bisa juga karena tersenggol serok saat mengambil cupang betina.

 

Ada juga kasus induk cupang jantan stres dan malah mengobrak-abrik sarang telur, bisa juga karena induk cupang jantan masih belum pandai atau kurang pandai dalam mengerami telur.

 

Yang terakhir yang saya tau kenapa telur ikan cupang bisa jatuh dari sarang gelembung adalah karena terkena jamur, untuk itu daun ketapang sebagai media pijah sangat berperan penting.

 

Para pembudidaya ikan cupang yang berpengalaman akan menggunakan daun ketapang karena dipercaya membuat telur ikan cupang terjaga dari jamur dan telur melekat dengan kuat.

 

Apapun alasan telur ikan cupang tenggelam atau jatuh dari gelembung tidak akan pernah menetas jika telur tersebut tidak diambil dan diengkarami lagi oleh ikan cupang jantan.

 

Itulah penjelasan yang saya berikan jika ditanya seperti itu, dan tentunya berdasarkan pengalaman saya sendiri. Jika pembaca ada yang lebih banyak tau alasan lain, silahkan bagi di kolom komentar ya.

 


Kami melayani penjualan ikan cupang di seluruh Indonesia, silahkan kontak kami di nomer WA 085712733597


 

Terimakasih dan semoga bermanfaat

 

 

https://www.majalahikan.com/

Ahmad NH

Artikel Terkait

2 Responses to “Telur Ikan Cupang Tenggelam Apa Bisa Menetas?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *