Ciri Ciri Ikan Cupang Yang Sudah Tua

Ciri Ciri Ikan Cupang Yang Sudah Tua, penjualcupang.com | Penghobi ikan cupang sejati akan berusaha membuat ikan cupang mereka selalu sehat agar ikan selalu menampilkan keceriaan dan keindahan ketika menemani hari-hari para penghobi.

 

Dengan perawatan maksimal seperti pergantian air yang rutin dan pola pemberian pakan yang baik, tidak mustahil ikan akan hidup labih lama, bahkan bisa sampai tua.

 

Sebelum ikan ikan cupang yang temen-temen rawat tua, ada baiknya temen-temen lihat ciri ciri ikan cupang yang sudah tua berikut ini. Karena cupang yang sudah tua hampir mirip dengan ikan cupang yang sakit, akan tetapi ada beberapa poin yang berbeda.

 

7 Ciri Ciri Ikan Cupang Yang Sudah Tua

 

 
 

  • 1. Warna Ikan Cupang Memudar

 

Ciri Ciri Ikan Cupang Yang Sudah Tua

By https://www.majalahikan.com/

 

Memudar ini bukan seperti ikan cupang mutasi, karena ikan cupang mutasi memudar lalu hilang warna dan berganti dengan warna baru.

 

Warna ikan cupang memudar juga bisa kita temukan pada ikan yang stres atau mengalami gejala-gejala sakit, akan tetapi sebenernya bukan memudar warna pada ikan cupang sakit, melainkan pucat yang tentunya warna akan kembali seperti sedia kala jika ikan tersebut sembuh.

 

Sedangkan memudarnya warna pada ikan cupang yang sudah tua ini, meski kita kasih pakan yang menunjang kecerahan warna tidak akan bisa pulih warnanya seperti pada waktu masih muda.

 

  • 2. Jarang Terlihat Membuat Sarang atau Bahkan Berhenti

 

ikan cupang tidak mau makan

 

Ikan cupang yang masih muda, akan sering membuat sarang yang menandakan bahwa dia sedang birahi atau merasa nyaman. Dalam dunia ikan cupang, sarang gelembung ini dibuat untuk merayu ikan cupang betina dan sebagai tempat telur-telur yang dikeluarkannya.

 

Birahi ikan cupang yang masih muda masih sangat kuat, itu sebabnya terkadang kita melihat mereka membuat sarang gelembung dalam beberapa hari sekali.

 

Sedangkan ikan cupang yang sudah tua keinginan untuk kawin sudah menurun, itu makanya mereka jarang membuat sarang, bahkan banyak kasus ikan cupang yang sudah tua berhenti membuat sarang.

 

  • 3. Badan Melengkung atau Bungkuk

 

ikan cupang tertua

 

Selanjutnya cupang berumur tua akan telihat bungkuk, karena bungkuk ini ikan cupang berenangnya seperti berdiri akan tetapi mireng / condong ke depan.

 

  • 4. Ekor Panjang Akan Tetapi Rusak

 

umur ikan cupang

 

Kita bisa mengenali ikan cupang itu masih muda atau sudah tua dengan melihat ekornya yang sangat panjang akan tetapi kesulitan untuk mengembangkan ekornya bahkan ketika dalam posisi ngedok.

 


Ciri Ciri Ikan Cupang Hias Yang Bagus


 

Selain itu, ekornya yang panjang ini seperti compang camping, bolong-bolong, sobek-sobek dan melengkung ke bawah.

 

  • 5. Kurangnya Ketajaman Pengelihatan

 

ikan cupang tua

 

Sama halnya dengan manusia yang pandanganya semakin kabur seiring bertambahnya usia, ikan cupang juga pandanganya tidak setajam waktu masih muda, ciri ini bisa kita lihat dengan ketidak akuratan ketika memangsa atau mengambil makanan yang kita berikan.

 

  • 6. Banyak Tidur atau Istirahatnya Pada Waktu Siang Hari

 

ikan cupang termahal - Ciri Ciri Ikan Cupang Yang Sudah Tua

 

Selanjutnya penuaan ikan cupang ciri cirinya adalah ikan cupang terlihat banyak di dasar untuk istirahat atau tidur ketimbang bergerak menyusuri setiap sisi wadah.

 

  • 7. Kurus

 

ikan cupang tua - Ciri Ciri Ikan Cupang Yang Sudah Tua

 

Bodi ikan cupang yang sudah tua terlihat kurus. Itulah 7 ciri-ciri ikan cupang yang mengalami penuaan atau yang sudah tua.

 

 
 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *