Ikan Cupang Terbesar di Dunia [Fakta & Sejarahnya]

Ikan Cupang Terbesar di Dunia, penjualcupang.com | Mengaku Betta Lovers tentunya musti memiliki banyak pengetahuan yang mendalam tentang semua informasi yang berhubugan dengan ikan cupang.

 

Ikan Cupang Terbesar di Dunia

 

Pada kesempatan kali ini admin ingin mengajak betta lovers semuanya melihat sejarah, karena tanpa sejarah kita tak akan tau semua nama dan jenis ikan cupang bahkan kita tak akan bisa beternak ikan cupang tanpa pendahulu kita.

 

Nah, ada satu jenis ikan cupang tersbesar di dunia akan tetapi ikan cupang ini masih dari darah Betta splendens.

 

Kenapa darah Betta splendens ukuran bodinya bisa lebih besar dari Betta splendens pada umumnya dan bisa menyandang gelar Ikan Cupang Terbesar di Dunia? Yuk simak historinya….

 

Sejarah Ikan Cupang Terbesar di Dunia

 

Pada zaman dahulu…….hiduplah breeder atau peternak ikan cupang dari negeri gajah putih ( Thailand ). Peternakan ikan cupangnya dikenal dengan nama Diamond Fish Farm.

 

Pemilik peternakan ikan cupang ini adalah Mr Athapon dan ( putranya Mr. Natee ). Beliau berhasil mengembangkan jenis ikan cupang raksasa dengan panjang 3 inci atau 7,62 cm.

 

ikan cupang terbesar di seluruh dunia

 

Untuk menghasilkan ikan cupang yang memiliki ukuran 7,62 cm ini beliau memilih indukan ikan cupang plakat dengan warna hijau.

 

Menurut beliau dari pengamatan ikan cupang di peternakanya, ikan cupang plakat warna hijau ini memiliki bodi lebih besar dari pada warna – warna ikan cupang lainya.

 

Kerja keras dan kecermatan beliau dalam mengkawinkan ikan cupang ini membutuhkan waktu hingga lima generasi.

 

Setelah sampai generasi ke 5, maka maka terciptalah ikan cupang terbesar pertama kali dengan panjang 3 inci dan mengasilkan bibit yang memiliki ukuran sangat besar 20%.

 

Dari bibit 20% ini maka dikembangkanlah ikan cupang terbesar di dunia yang kita kenal saat ini dengan nama ikan cupang giant.

 

Sejarah terciptanya ikan cupang raksasa tersebut tepatnya pada tahun 1999.

 

Kamu semua sudah lahir belum betta lovers?

 

Yuk lanjut membacanya !

 

Harga Ikan Cupang Terbesar di Dunia

 

harga ikan cupang terbesar

 

Akan tetapi kerja keras Mr Athapon untuk menghasilkan ikan cupang giant ini mendapat tudingan yang menyakitkan.

 

Karena setelah berhasil mengembangkan ikan cupang giant ini, beliau ( Bpk. Athapon Ritanapichad ) dan Bp. Natee Ritanapichad, serta Bp. Wasan Sattaya yang semuanya dari Thailand, memperkenalkan ikan cupang giant pada Dunia.

 

Tepatnya pada kontes IBC yang diselenggarakan di Orlando IBC Convention pada Juni 2002. Ikan giant yang di usung ke IBC ini jenis plakat berjumlah 16 ekor dan ikan cupang giant jenis ekor panjang berjumlah 3 ekor serta beberapa ikan cupang Imbellis.

 

Pendiri IBC : Dr. Gene Lucas berspekulasi bahwa ikan cupang raksasa hasil kerja keras Bpk. Athapon Ritanapichad ini dapat tumbuh dengan begitu besar karena akibat dari pemberian hormon pertumbuhan.

 

Karena itu menjadi perhatian para kontestan dan para pengunjung IBC, akan tetapi ada satu dari sekian banyak pengunjung yang tertarik untuk membelinya karena penasaran dengan apa yang dikatakan pendiri IBC : Dr. Gene Lucas.

 

Pengunjung tersebut membeli ikan cupang raksasa ini bertujuan untuk menguji hormon pertumbuhan yang dirumorkan.

 

Untuk harga ikan cupang terbesar di dunia pertama kali ini masih simpang siur, akan tetapi ada yang mengatakan kalau harganya mencapai $1000.

 

Fakta Ikan Cupang Terbesar di Dunia

 

ikan cupang termahal

 

Menurut Mr Athapon, bettas raksasa akan mencapai setidaknya 3 inci pada saat mereka berusia 7-8 bulan. Namun, katanya, perbedaan tipe tubuh terlihat jelas pada usia sekitar 6 bulan.

 

Pada usia satu tahun, panjang tubuh akhirnya berhenti bertambah, tetapi ikan akan terus bertambah lebar dan berat sampai sekitar 18 bulan.

 

Apa yang kita ketahui tentang raksasa secara genetis adalah bahwa sifat itu paling jelas diturunkan kepada keturunannya, dan karena itu tidak mungkin menjadi hasil dari peningkatan ukuran buatan.

 

Dr Lucas telah menyinggung fakta bahwa cupang raksasa mungkin merupakan hasil dari multi-faktor daripada gen tunggal, seperti HM dan cupang CT ray.

 

Beberapa anggota IBC Amerika yang telah menjadi raksasa yang bekerja, seperti Jim Sonnier telah menemukan aturan tertentu yang berlaku untuk pemuliaan bagi raksasa, seperti:

 

  • Sifat Raksasa dikendalikan oleh sepasang gen tunggal.
  • Gen ‘Raksasa’ yang bermutasi tidak sepenuhnya dominan di atas gen ukuran biasa.
  • Jika keturunan membawa kedua gen ‘Raksasa’ itu akan menunjukkan sifat Raksasa berukuran penuh.
  • Jika keturunan hanya membawa satu gen ‘Raksasa’, itu akan menunjukkan ukuran Setengah-Raksasa.
  • Jika keturunannya tidak membawa gen ‘Raksasa’, itu akan menjadi ukuran biasa.

 

Jim Sonnier telah menelurkan apa yang dia sebut ‘Setengah Giants’ (panjang total 7-8cm) untuk wanita biasa di sejumlah kesempatan. Setiap kali keturunannya menunjukkan sekitar 50% ukuran reguler dan 50% ukuran setengah raksasa.

Untuk mencapai potensi pertumbuhan penuh, mereka harus diberi makan lebih banyak makanan ketika mereka masih muda daripada Betta ukuran biasa (2 hingga 3 kali lebih banyak untuk Setengah Giants jantan; Setengah Giants betina dua kali lebih banyak makanan).

 

Karena pertumbuhan mereka yang cepat, nafsu makan mereka sangat besar. Mereka dapat dengan mudah melahap makanan dua kali lebih banyak pada waktu makan daripada betta normal, dan masih lapar satu jam kemudian.

 

Karena mereka perlu diberi makan lebih banyak, mereka juga menghasilkan lebih banyak limbah, sehingga memerlukan lebih banyak penggantian air dan wadah yang lebih besar.

 

Cupang giant cenderung mengalami sembelit, yang dapat menyebabkan kematian jika tidak dirawat dengan hati-hati.

 

Artemia dan daphnia hidup atau daphnia beku harus dijadikan bagian rutin dari sistem makan mereka, karena kedua makanan ini bertindak sebagai pencahar ringan.

 

Jika cupang giant menjadi sembelit, beri dia 24 jam cepat dan bagian dalam kacang hijau matang akan sering membantu hal-hal bergerak lagi. Setelah mereka mencapai ukuran dewasa, Anda dapat mengurangi makan mereka.

Dengan makanan dan kondisi yang tepat, cupang giant muda akan berukuran dewasa dengan usia 2-3 bulan, dan pada usia 4 bulan mereka adalah ukuran rata-rata pertunjukan betta berusia 8 bulan. Perbedaan ukuran di antara pasangan spawn di Half Giant spawns sudah terlihat sejak beberapa minggu.

 

Nah lengkap sudah sejarah ikan cupang terbesar di dunia ini.

Ikan Hias Air Tawar

 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.