Artemia Tanpa Cangkang [ Merek&Pemberian Pada Burayak]

Artemia Tanpa Cangkang, penjualcupang.com | Salah satu jenis makanan ikan burayak ikan cupang yang paling di sukai dan menjadikan laju pertumbuhan burayak cepat besar adalah artemia.

 

Dalam budidaya ikan cupang, memiliki alat tetas lengkap dengan artemianya merupakan kewaiban jika ternak ikan cupang tidak gagal.

 

Karena artemia merupakan pendukung keberhasilan budidaya ikan cupang, akan tetapi banyak yang tidak memiliki alat pendukung ini.

 

Alasanya selain mahal juga membutuhkan waktu untuk menetaskan telur artemianya, dan memisahkan cangkang dengan artemia yang sudah menetas.

Bbagi yang memiliki pekerjaan dibidang lain dan ternak ikan cupang hanya sekedar hobi atau hanya ingin mendapatkan keturunan dari ikan cupang kesayanganya, tentunya ini sangat merepotkan.

 

Selain itu rumor yang beredar bahwa cangkang artemia bisa berbahaya bagi burayak ikan cupang, tentunya menjadikan alasan kenapa masih belum banyak yang menggunakan artemia lengkap dengan alat tetasnya sebagai alat bantu keberhasilan ternak ikan cupang.

 

Baca juga : Bahaya Cangkang Artemia Pada Burayak

 

Untuk itu, kamu yang ingin menggunakan artemia untuk pakan burayak ikan cupang akan tetapi waktu terbatas dan merasa kualahan untuk menetaskanya dan kamu yang ragu kalau cangkang artemia ini tidak berbahaya untuk burayak ikan cupang, kini hadir artemia tanpa cangkang.

 

Mengenal Artemia Tanpa Cangkang

 

Gambar Artemia

 

Logikanya atau mudahnya gini, wujud artemia awalnya adalah telur artemia dan musti kita tetaskan terlebih dahulu sebelum diberikan pada ikan cupang. Nah namanya telur itu pasti ada cangkangnya dan cangkan ini juga berserakan di wadah penetasan dan dibutuhkan saringan artemia untuk memisahkan artemia dengan cangkang.

 

Lalu bagaimana penjelasan artemia tanpa cangkang?

 

Jika artemia tetas, setelah menetas artemia hidup akan tetapi artemia tanpa cangkang ini mati, karena penetasan dilakukan dengan teknologi canggih menggunakan sistem dekapsulasi, yang di aplikasikan dengan tanpa ada nya proses hatching atau kultur.

 

Baca juga : Cara Agar Artemia Tidak Cepat Mati

 

Meski mati, akan tetapi para produsen mengkliam bahwa kandungan artemia yang tidak ada cangkangnya ini tetap untuh bahkan lebih tinggi, itu karena energi nol dikonsumsi dalam proses penetasan dan lipid, asam amino, dan enzim dibiarkan utuh.

 

Merk-Merk Artemia Tanpa Cangkang

 

Ada banyak produsen ( pembuat ) artemia tetas ini dan berikut adalah merk-merk artemia tanpa cangkang yang bayak dijual di pasaran baik online maupun ofline.

 

  • ARTEGENUS

 

Artemia Tanpa Cangkang

By https://www.bukalapak.com/p/hobi-koleksi/pet-food-stuff/makanan-hewan-peliharaan/27wg4k4-jual-artemia-shell-free-artegenus-40gr-artemia-tanpa-cangkang-089x648x708x766

 

Artegenus memiliki kualitas tinggi yang dibuat dengan teknologi canggih dengan menggunakan sistem dekapsulasi, yang diaplikasikan tanpa adanya proses hatching atau kultur.

 

Artegenus ini memiliki Nutrisi yang lebih tinggi di bandingkan dengan artemia hidup. yakni  protein min 65%,  lemak ( fat ) min 24%, dan ukurannya 300-400 micron (0.3-0.4mm).

 

Untuk harga artemia merk Artegenus ini kalian bisa mencarinya di toko-tokoo online, karena setiap penjual memiliki ukuran harga tersendiri.

 

  • POLAR RED

 

Gambar Artemia Tanpa Cangkang

By https://shopee.co.id/POLAR-RED-Artemia-tanpa-cangkang-pakan-burayak-pakan-ikan–i.110748231.2630626303

 

Artemia dekapsulasi polar red memiliki kandungan energi dan gizi yang tinggi karena tidak digunakan dalam proses penetasan. Ukuran yang tepat dan mudah dicerna bibit ikan.

 

Kandungan : Protein 58 %, Moisture 6 %, Fiber 2.2 % dan Lipid 16 %

 

Untuk harga artemia merk Artegenus ini kalian bisa mencarinya di toko-tokoo online, karena setiap penjual memiliki ukuran harga tersendiri.

 

  • Cysts Vitellus

 

 

Artemia Cysts Vitellus adalah sebuah trobosan baru dari BernAqua NV, Belgium, telah memproduksi pakan alami berupa ARTEMIA VITELLUS CYSTS.

 

Bahan produk ini adalah Artemia, hanya saja VITELLUS atau yolks atau kuning telur Artemia yang dikeluarkan dari cangkangnya dan dikemas dalam kaleng.

 

Secara detail dan lebih spesifiknya adalah didalam cangkang artemia mengandung embrio yang terbentuk dari sejumlah kecil sel sebagai cikal bakal embrio dan dikelilingi oleh cadangan nutrisi yang sangat banyak yang disebut yolk platelet (Clegg, 2005).

 

Yolk platelet ini tersusun teratur hingga mudah diserap embrio saat proses pertumbuhan dalam cangkang. Yolk platelet berukuran lebar 3 micrometer dan panjang 5 micrometer.

 

Bila yolk platelet ini diekstrak dan diolah menjadi ukuran partikel yang tempat, yolk platelet ini memiliki gizi yang sifatnya mirip atau lebih baik dari Artemia Nauplii yang hidup.

 

  • INVE

 

 

artemia Merk INVE buatan Belgia, untuk ikan hias INVE mempunyai branding OCEAN NUTRITIONS yang sudah memiliki reputasi kelas dunia dalam pakan ikan berkuwalitas tinggi.

 

Itulah beberapa merk-merk artemia shell free yang populer dijual dan digunakan oleh para petani ikan maupun petani udang.

 

Pemberian Artemina Tanpa Cangkang Pada Burayak Ikan Cupang

 

Artemia shell free tinggal ditaburkan di media burayak ikan cupang (kondisi mati dan berbentuk powder) larva akan langsung memakan, untuk tahap awal berikan sedikit demi sedikit agar larva terbiasa, pemberian secara bertahap sangat di anjurkan dibanding pemberian banyak sekaligus.

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.