Cara Mengolah Daun Sirih Untuk Ikan Cupang

Cara Mengolah Daun Sirih Untuk Ikan Cupang, penjualcupang.com | Tepat sekali kalian masuk ke blog yang khusus membahas dunia ikan cupang ini. Untuk kamu yang ingin ikan cupangnya sehat, memang harus dirawat dengan sungguh-sungguh.

 

Daun Sirih Untuk Ikan Cupang

 

Ada banyak sekali jenis penyakit ikan cupang, yang tentunya kita harus menjaga agar ikan cupang kesayangan kita terhindar dari bebagai penyakit yang menyerang ikan cupang.

 

Salah satu penyakit yang mematikan dan persentase kesembuhanya minim adalah penyakit sisik nanas. Daun sirih dipercaya bisa mencegah penyakit mematikan ini.

 

Akan tetapi, tahukah kamu bagaimana cara mengolah daun sirih untuk ikan cupang agar terhindar penyakit sisik nanas ini?

 

Selain itu, daun sirih juga dipercaya oleh pecinta ikan laga untuk mempertebal sisik-sisik ikan laga mereka. Dengan tebalnya sisik-sisik tentunya akan menjadikan juara disetiap pertarungan.

 

Mengolah daun sirih untuk menebalkan sisik tentunya berbeda dengan untuk pencegahan sisik nanas. Silahkan simak kedua cara berbeda mengolah untuk tujuan berbeda pula.

 

Cara Mengolah Daun Sirih Untuk Ikan Cupang

 

 

Bagi kamu yang belum tau sperti apa daun sirih, berikut adalah penjelasanya : Sirih adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m.

 

Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas.

 

Panjangnya sekitar 5 – 8 cm dan lebar 2 – 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang.

 

Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 – 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 – 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan.

 

Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

 

  • Daun Sirih Untuk Pencegahan Ikan Cupang dari Penyakit Sisik Nanas

 

Penyakit sisik nanas ini bermula dari bakteri yang biasanya terbawa bersama pakan seperti kutu air atau jentik nyamuk, cacing sutra yang kurang steril.

 

Selain itu bisa juga muncul karena air akuarium yang kotor karena jarang dibersihkan. Penyakit sisik nanas atau dropsy adalah bakteri yang menyerang organ dalam ikan cupang.

 

Dengan melihat penjelasan tadi, itu berarti kita musti membersihkan pakan ikan cupang sebelum diberikan pada ikan cupang dengan sebersih-bersihnya.

 

Nah inilah peran penting daun sirih, yakni untuk membersihkan pakan ikan cupang agar terbebas dari bakteri penyebab penyakit sisik nanas.

 

Cara Mengolah Daun Sirih Untuk Ikan Cupang

 

Cara mengolahnya hanya cukup siapkan pakan dan remas-remas daun sirih lalu masukan ke wadah pakan, aduk bersamaan dengan pakan dan tunggu hingga kurang lebih 5 menit.

 

Setelah itu pakan bisa diberikan pada ikan cupang kalian dan cara ini banyak yang membuktikan ampuh membasmi bakteri penyebab sisik nanas.

 

  • Daun Sirih Untuk Mengeraskan Sisik Ikan Cupang

 

Sedangakan cara mengolah daun sirih untuk ikan cupang aduan sebagai obat alami pengeras sisik, caranya cukup meletakan kurang lebih selembar daun sirih di akuarium ikan cupang.

 

Daun Sirih

 

Ada juga penghobi ikan cupang yang merebusnya terlebih dahulu, setelah dingin baru air rebusan daun sirih tersebut dimasukan ke wadah ikan cupang.

 

Ada juga yang kurang yakin dengan hanya daun sirih, maka penghobi yang kurang yakin ini akan menambahkan daun ketapang dan juga garam serta daun sirih dan penjemuran ikan cupang dipagi hari agar sisik ikan cupang adunya memiliki sisik yang tebel.

 

Nah itulah 2 cara mengolah daun sirih untuk ikan cupang baik untuk pencegahan penyakit dan untuk ramuan penebal sisik ikan cupang.

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.