Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung Saat Penjodohan, Kenapa?

Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung, penjualcupang.com | Rumor yang beredar jika ikan cupang jantan mengeluarkan buih atau membuat sarang gelembung disebut dengan shobu ( sedang birahi ).

 

Untuk mengetahui kepastianya silahkan betta lovers lihat pada tulisan sebelumnya yang berjudul : Inilah 3 Penyebab Ikan Cupang Mengeluarkan Buih.

 

Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung

Dalam uraian judul tersebut, salah satu penyebanya adalah sebagai sarana atau media untuk menetaskan telur-telur ikan cupang.

 

Dalam prakteknya, gelembung sarang ini dibuat oleh ikan cupang jantan ketika penjodohan. Akan tatapi apa jadinya jika Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung?.

 

Untuk betta lovers yang baru pertama kali mengawinkan ikan cupang, atau betta lovers yang sudah berkali-kali beternak ikan cupang, akan tetapi belum mengalami kasus seperti ini, maka berikut adalah penjelasan serta cara agar ikan cupang jantan membuat gelembung.

 

Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung Saat Penjodohan, Kenapa?

 

Berdasarkan pengalaman pribadi dan tentunya tidak sepenuhnya benar…..akan tetapi bukan berarti salah he he he

 

  • 1. Ikan Cupang Jantan Kurang Sehat
Ikan Cupang Sakit dan Tidak Mau Membuat Gelembung

 

Yang pertama alasanya karena ikan cupang jantan tersebut kurang sehat dan dipaksakan saja untuk dikawinkan, hal seperti ini umum terjadi pada pemula. Walhasil ikan cupang jantan tersebut tidak akan membangun sarang gelembung untuk tempat telur nantinya.

 

Atau, kurang sehatnya ikan cupang tersebut kurang kita sadari, karena ketika kita merawatnya di aquarium mereka nampak sehat dengan ciri-ciri banyak gerak dan bahkan ada sarang busa juga di akuarium.

 

Akan tetapi ketika kita menjodohkan ikan cupang tersebut malah sakitnya baru kelihatan dengan ciri-ciri ikan cupang banyak diam dan tidak membangun sarang gelembung.

 

Hal seperti ini bisa terjadi karena makanan yang diberikan sebelum dikawinkan kurang higienis.

 

Catatan tambahan : Apakah ikan cupang yang kurang sehat ini mau kawin, tidak sedikit kasus ikan cupang jantan mati saat mengerami telur atau merawat anakanya. Itu berarti meskipun kondisi ikan cupang kurang sehat dia tetap bisa kawin.

 

Solusi : Perawatan ikan cupang jantan dengan baik sangat diperlukan dengan cara mengganti air 3 hari sekali 30% dan pakan 2 kali sehari. Dan pastikan tidak ada tanda-tanda kurang sehat sebelum dikawinkan.

 

  • 2. Jarak Perkawinan Terlalu Dekat
Ikan Cupang Kawin

 

Ini kerap dilakukan para pemula yang bernafsu banget agar lekas berhasil dalam budidaya ikan cupang, mereka biasanya hanya memiliki satu pasang ikan cupang, setelah mengawinkan ikan cupang yang pertama gagal ( banyak faktor ).

 

Maka mereka akan mengawinkan ulang ikan cupangnya yang tanpa memperhitungkan jarak idieal dan aman ikan cupang bisa dikawinkan lagi.

 

Padahal baik ikan cupang jantan maupun betina membutuhkan istirahat untuk memulihkan kondisi mereka sebelum dikawinkan kembali.

 

Ikan cupang betina membutuhkan waktu untuk mengisi telur-telurnya dan juga pemulihan luka-luka akibat dari perkawinan pertama, begitu juga ikan cupang jantan, meskipun lukanya tidak sebanyak yang dialami ikan cupang betina.

 

Selain itu ikan cupang jantan juga memerlukan kesehatan yang sangat prima sebelum dikawinkan, karena cupang jantan membuahi setiap telur yang dikeluarkan betina dan juga naik turun memasukan telur-telur ke sarang busa.

 

Catatan tambahan : Setidaknya dibutuhkan waktu minimal 2 minggu untuk memulihkan kondisi prima baik jantan maupun betina untuk bisa dikawinkan lagi, tentunya dengan perawatan yang disesuaikan ( persiapan untuk kawin ).

 

Solusi : Jangan terburu-buru untuk mengawinkan ulang ikan cupang yang baru dikawinkan, berilah jeda minimal 2 minggu, lebih lama lebih baik.

 

  • 3. pH air Kurang Sesuia dengan Kebutuhan Ikan Cupang
pH Air Untuk Ikan Cupang Kawin

 

Siapa yang tau kadar pH air jika kita tidak memiliki alat untuk mengukur pH air, masak bodoh dengan pH air, yang penting ikan cupang tampak sehat.

 

Tampak sehat bukan berarti bener-bener sehat, untuk itu mengetahui pH air yang ideal untuk kehidupan ikan cupang sangat penting. Karena ikan cupang akan bener-bener hidup bahagia dengan kondisi pH air netral.

 

Lalu berapa ukuranya yang direkomendasikan? pH netral ukuranya adalah sekitar 7,0.

 

Itulah alasan yang ketiga kenapa Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung.

 

Catatan tambahanSebagian besar pH air yang kita miliki memiliki pH air kisaran 6,5 hingga 7,5.

 

Solusi : Jika kita tidak memiliki alat untuk mengukur pH air, maka solusinya adalah dengan memberi daun ketapang, karena salah manfaat daun ketapang adalah untuk menetralkan pH.

 

  • 4. Suhu Air Tidak Cocok

 

Seperti kita ketahui kalau ikan cupang adalah ikan tropis yang habitatnya asli Asia Tenggara, tempat ikan cupang hidup biasanaya di sawah dan di bawah sinar matahari.

 

Lalu apa yang salah jika kita orang Asia Tenggara, masak ikan cupang yang akan kita kawinkan nggak mau memuat sarang?

 

Meski kita orang Asia Tenggara, adakalanya air yang kita miliki terlalu dingin untuk ikan cupang, seperti misalnya ketika cuaca hujan atau musim penghujan.

 

Saat musim penghujan ini biasanya air akan berubah menjadi dingin, jika nggak percaya bisa temen-temen cek dengan alat pengukur suhu air.

 

Catatan tambahanSuhu air terbaik untuk ikan cupang adalah antara 76 ° dan 80 ° F (24,5 ° dan 26,5 ° C).

 

Solusi : Jika kita ingin mengawinkan ikan cupang jangan gunakan air yang memiliki suhu terlalu dingin.

 

  • 5. Ikan Cupang Terlalu Muda atau Terlalu Tua
Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung karena Ikan Cupang Terlalu Muda atau Terlalu Tua Untuk Kawin

 

Seringkali kita tidak tau umur ikan cupang yang kita miliki, karena kita tidak menanyakannya pada penjual ikan cupang.

 

Tak jarang pemula kebingungan ketika ikan cupang yang mereka kawinkan tidak mau membuat sarang, selain 4 faktor yang menjadikan cupang jantan tidak mau membuat gelembung, faktor yang ke lima adalah usia ikan cupang itu sendiri.

 

Ikan cupang yang terlalu muda atau terlalu tua juga penyebab ikan cupang jantan enggan membuat buih. Untuk itu pastikan ikan cupang betta lovers adalah ikan cupang masa produktif ketika dikawinkan.

 

Berapa usia ikan cupang yang direkomendasikan?

 

Pengalaman pribadi menjawab : Ikan cupang yang memiliki umur antara 4-8 bulan merupakan masa produktifitas, untuk itu pilihlah ikan cupang baik jantan maupun betina yang umurnya antara 4-8 bulan.

 

  • 6. Ikan Cupang Jantan Takut Sama Ikan Cupang Betina
Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung karena Ikan Cupang Jantan Takut Sama Ikan Cupang Betina

 

Mungkin saat penjodohan ikan cupang jantan birahi dan membuat sarang ketika melihat ikan cupang betina dalam botol transparan. Akan tetapi ketika ikan cupang betina disatukan, ikan cupang jantan terlihat ketakutan dan kalah mental maupun sizenya.

 

Walhasil busa yang dibangunikan cupang jantan akan rusak dengan sendirinya dan sang jantan terliha diam ketakutan di sudut tempat pemijahan.

 

Lho….ini kan bahasanya ikan cupang jantan tidak membangun sarang, lalu pada alasan yang ke enam ini kan cupang jantan membuat sarang pada awalnya.

 

Iya betul sekali,,,,,

 

Akan tetapi tujuan kita adalah untuk sukses ternak ikan cupang, untuk itu pengalaman admin yang ada di kepala ini ingin semuanya tercurahkan, jadi jangan terlalu kritis ya…..

 

Nikmati saja pengalaman admin dan semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi betta lovers semuanya.

 

majalah ikan

 

Ahmad NH

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *